Cara Meningkatkan Volume Suara Burung Kacer Agar Keras dan Lantang

2 min read

volume suara burung kacer

Suara yang keras dan lantang pada burung kacer menjadi hal yang di inginkan oleh pemilik burung,apalagi burung kacer tersebut sambil mengeluarkan gaya khasnya yakni buka ekor dan sayap yang biasa di sebut juga dengan istilah ngobra.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi burung kacer memiliki suara yang keras dan lantang tersebut, salah satunya di pengaruhi oleh keturunan salah satu atau kedua indukannya, namun bagaimana jika kedua indukannya tersebut memiliki kualitas suara bagus, sedangkan anakan dari burung tersebut justru tidak bisa tampil maksimal seperti yang di harapkan.

Ada banyak kemungkinan kualitas suara kacer seseorang memiliki suara yang kecil, selain dari keturunan itu sendiri, salah satunya adalah factor lingkungan dan perawatan burung itu sendiri, dimana lingkungan burung kacer di pelihara bisa membuat kualitas kicauan burung menurun, sehingga yang tadinya burung memiliki prosfek suara yang bagus, menjadi tidak bisa di keluarkan olehnya.

Penyebab Suara Burung kacer tidak maksimal

Lingkungan yang bagus tentunya adalah lingkungan alam liar burung itu sendiri, dan ketika burung kacer dipelihara, tentunya, mau tidak mau burung kacer tersebut mengikuti si pemiliknya, jika lingkungannya bagus maka pertumbuhan burung akan bagus pula,namun jika lingkungannya jelek ya, burung kacer tidak bisa tampil maksimal dalam berkicau.

Ada beberapa hal yang perlu untuk di ketahui yang menjadi penyebab suara burung kacer tidak keras, antara lain :

  • Melakukan penjemuran burung kacer secara berlebihan
  • Burung kacer kurang memiliki tenaga yang baik, karena kurang Vitamin dan juga kurang di latih
  • Burung kacer di gantang di tempat yang memiliki udara yang terlalu panas, misalkan menggantang burung di lantai atas dengan suhu lingkungan yang panas, di gantang di bawah seng, berdekatan dengan pembuangan kipas AC dan lingkungan sejenis lainnya
  • Kurang asupan pakan dengan nilai gizi yang bervareasi, seperti hanya membeikan pakan dari voer saja

Cara Meningkatkan Suara Burung kacer Menjadi Lebih Keras

Dengan melihat penjelasan di atas, maka kalian sebagai pemilik burung pernah melakukan kesalahan pada penjelasan di atas,maka selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang tepat dan menghindari hal-hal yang dapat membuat burung kacer kesayangan anda menjadi menurun kualitasnya.

  1. Pengumbaran

Salah satu penyebab burung tidak memiliki suara yang keras adalah dimana burung tidak memiliki stamina yang baik dan kurang bertenaga.

Melakukan pengumbaran sebanyak 1 sampai 2 kali dalam 1 minggu merupakan hal sebaiknya di lakukan untuk meningkatkan stamina burung. Dengan meningkatnya stamina burung, maka suara burung kacer akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya, dan cara ini efektif untuk meningkatkan kualitas suara burung, bukan hanya keras tapi juga tahan lama.

  1. Bersihkan kandang

Kandang yang bersih dapat menghindari adanya bakteri, kuman yang bersarang pada sangkar burung. Karena jika burung terkena bakteri dan penyakit lainnya, maka akan mengancam kualitas burung itu sendiri. Sebaiknya bersihkan sangkar setiap hari ketika burung kacer sedang di mandikan.

Baca Juga : Cara Mengatur Birahi Burung Kacer Lomba Agar Tampil Maksimal Saat Lomba

  1. Pakan dan Air Bersih

Dalam pemberian pakan jangan asal memberikan saja, perlu pemberian pakan dengan cara yang baik, seperti jangan langsung mengganti pakan secara drastic,misalkan mengganti pakan lama dengan pakan baru. Jika ingin menggantinya, maka lakukan secara bertahap saja, misalkan memberikan 70% pakan lama dan 30% pakan baru.

harus memberikan pakan dari ekstrafooding untuk memperbaiki dan meningkatkan suara burung kacer seperti jangkrik,kepompong, ulat hongkong dan belalang.

Air putih juga perlu di perhatikan, dan sebaiknya ganti setiap hari , jangan sampe kotor air minumnya, apalagi sampai bejemur dan berlumut.

  1. Pengembunan

Pada saat pagi hari, burung kacer di embunkan dengan menggantangnya di tempat yang aman, nyaman dan juga mudah untuk di pantau sambil membeikan pakan 1 sendok teh kroto.

  1. Jemur Yang Cukup

Untuk penjemuran sebaiknya lakukan dengan cukup, tidak kurang dan juga tidak belebihan. Jemur burung kacer selama 1 sampai 2 jam lamanya. Dan lakukan penjemuran pada pagi hari sebelum jam 09.30 pagi.

  1. Simpan di tempat sejuk

Setelah di jemur yang cukup pada pagi hari, maka simpan burung di tempat yang benar-benar sejuk dan sedikit berangin. Dan hindari menyimpan burung di tempat yang memiliki suhu yang panas, karena seperti yang telah disampaikan di atas, penyebab volume suara burung tidak keras adalah seringnya menyimpan burung di tempat yang memiliki udara panas atau di tempat yang bersuhu panas.