Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong dengan Terapi

2 min read

kacer Mbagong

Dalam merawat burung kacer adakalanya yang menjadi salah satu kendala adalah, dimana burung kacer tersebut mengelami mbagong, dimana kondisi tersebut menjadi suatu hal yang cukup meresahkan pemiliknya, karena burung tidak akan tampil maksimal ketika mengalami hal tersebut, seperti penampilan fisik yang mengembang bulunya seperti balon dan juga burung akan menjadi jarang mengeluarkan vareasi suara kicauan dan hanya mengeluarkan kicauan yang tidak enak di dengar.

Karena burung ini merupakan jenis burung kicauan dan memiliki mental fighter, maka dengan melihat kondisi burung tersebut seperti itu, maka hal tersebut seperti kebalikan dari sifatnya, dimana sifat fighter dan rajin berkicau menjadi daya tarik para kacermania. Namun, jika hal yang sebaliknya terjadi malah Mbagong yang ada pemiliknya merasa tidak semangat melihat burung kacer kasayangannya tersebut memiliki perilaku tersebut.

Penyebab Burung Kacer Ngebagong

Ngebagong merupakan hal yang biasa terjadi pada burung kacer yang di sebabkan oleh beberapa hal, dan ciri-ciri burung ngebalon antara lain, burung sering mengembangkan bulunya, menekuk ekornya kebawah,mengeluarkan kicauan yang tidak enak di dengar, mendongkakan kepala seperti kuda laut.

Ada beberapa penyebab kacer Ngebagong, seperti :

  1. Sifat Bawaan

Ada beberapa kacer yang sering ngebagong karena dari segi bawaan, sebaiknya jika hal tersebut jual saja ke pasar, karena jika di rawat dan di poles bagaimanapun akan sulit untuk bisa tampil maksimal, terutama jika ingin di ikut lomba kicauan.

Setiap burung kacer memiliki kemungkinan terjadinya Mbagong, akan tetapi jika hal tersebut di sebabkan oleh sifat alami dari bawaan, bukan dari pola perawatan yang tidak tepat, mending ganti saja burung kacer tersebut dengan yang lain. karena jika itu di sebabkan oleh perawatan yang salah, burung masih bisa tampil maksimal.

  1. Salah Perawatan

Salah perawatan pada burung kacer bisa membuat burung tersebut menjadi ngebagong, seperti salah perawatan dalam memandikan,menjemur, setting pakan ekstrafooding dan lain sebagainya.

Setiap burung kacer memiliki karakter tersendiri, jika kacer rekan-rekan lebih menyukai panas, maka kurangi pakan dari kroto untuk meredam birahi dan terlalu fighter,. Karena salah satu penyebab kacer menjadi Ngebagong adalah burung memiliki birahi yang terlalu tinggi.

Kurangi jumlah pemberian pakan kroto, atau bisa memberikan pakan kroto seminggu 5 kali, sambil memperhatikan, jika burung masih birahinyua tinggi atau terlalu fighter, maka turunkan kembali jumlah pemberian kroto menjadi 4 kali dalam seminggu, intinya disesuaikan.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Kegemukan

Untuk pakan dari jangkrik sebaiknya di berikan 10 sampai 20 ekor sebagai ganti pakan kroto yang di kurangi, karena dengan memberikan jangkrik, akan membuat tubuh burung kacer menjadi dingin, karena tubuh jangkrik memiliki sifat dingin untuk menstabilkan birahi dan menambah power suara.

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong dengan Terapi

  1. Terapi Umbaran

Terapi umbaran menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan burung kacer Ngebagong menjadi kembali ke kondisi terbaiknya.

Mulai dari pagi hari hingga sore hari, kacer yang sedang ngebagong tersebut di simpan setiap harinya, dan usahakan dari setiap tenggerannya di simpan di tempat yang agak berjauhan, dan posisi pakan dan air minum juga di simpan denga jarak yang jauh pula, agar burung lebih sering bergerak.

Selain itu biasanya para kacermania ada yang memasukan betina kacer di kandang umbaran tersebut , guna untuk membuat birahi kacer yang sedang Mbagong tersebut menjadi tersalurkan. Selain itu, rekan-rekan juga bisa memasukan burung kecil sebagai untulan, agar mental burung kacer yang sedang Mbagong tersebut menjadi keluar sifat Fighternya.

Terapi umbaran ini memiliki beberapa manfaat, seperti burung bisa menyalurkan lewat aktifitas yang lebih banyak, melampiaskan emosinya melalui mengawini betina dan juga melampiaskan emosinya terhadap burung kecil yang di masukan, sehingga lambat laun mental Fighternya muncul kembali.

  1. Mandi Malam

Jika burung sedang mengalami Mbagong coba untuk memandikannya beberapa hari sekali, namun tetap mempertimbangkan factor cuaca.

Mandi malam bisa mengurangi burung kacer Ngebagong, terutama bisa mengatasi kacer yang terlalu over birahinya.

Sebagai tambahan dan sebagai pelatihan, ketika selesai di mandikan, burung kacer di perdengarkan suara dari burung sejenis dari Mp3. Namun , volumenya tetap di atur sedemikian rupa agar burung tidak kaget atau menjadi tidak nyaman karena volumenya terlalu keras.

Lihat Juga : Suara Burung Kacer Masteran dan Pancingan Betina Mp3

  1. Karantina menggunakan krodong atau tanpa krodong

Jika burung kacer rekan-rekan terbiasa menggunakan krodong, maka gunakan, namun jika tidak terbiasa menggunakan krodong maka bisa menyesuaikan saja.

Mengkrodong kacer yang sedang Mbagong dengan cara mengisolasi dari burung lain, terutama burung yang gacor menjadi pilihan yang bisa dilakukan selama 1 minggu hingga 1 bulan lamanya, tergantung kondisi burung itu sendiri.

Untuk pakan ekstrafooding bisa di kurangi terutama jika over birahinya terlalu tinggi, sebanyak 3 sampai 5 ekor dan kroto sebanyak 1 sendok teh dalam sehari. Namun, jika kacer menjadi Ngebagong karena kurang pakan dari Ekstrafooding, bisa memberikan jangkrik sebanyak 10 sampai 20 ekor dan kroto cukup di berikan 1 sendok teh 4 kali dalam seminggu.

Untuk proses memandikannya , cukup dilakukan sebanyak 1 kali dalam seminggu.