Tips Pemasteran Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Bervareatif

1 min read

pemasteran lovebird

Memiliki lovebird ngekek panjang dan lovebird memiliki kicauan bervareasi dan isian yang unik merupakan hal yang di inginkan oleh para lovebird mania tanah air, karena selain menambah nilai saat lomba, lovebird yang memiliki ngekek panjang dan bervareasi memiliki nilai harga yang tinggi.

Nilai jual yang tinggi tentunya menjadi hal yang di inginkan untuk lovebird, karena biasanya kebanyakan pemilik lovebird ingin menjual lovebird perliharaannya lebih tinggi dari pasaran.

Untuk membuat lovebird memiliki kicauan yang bervareasi atau ngekek panjang perlu proses dalam perawatannya, termasuk dalam melakukan pemasteran untuk membuat kemampuan berkicau lovebird berkembang.

Pemasteran Burung Lovebird

Pemasteran lovebird bisa di bilang proses pembelajaran bagi burung yang di master, dengan seringnya burung tersebut di master dengan suara masterannya, guna untuk membuat burung meningkat seperti suara masterannya.

Akan tetapi, untuk melakukan pemasteran lovebird membutuhkan waktu dan cara yang tepat untuk melakukannya, agar melakukan pemasteran secara rutin yang akan dilakukan, suara masterannya bisa masuk terhadap burung yang di master.

Untuk memaster burung lovebird ada 2 cara yang harus dilakukan, seperti menggunakan suara Mp3 atau menggunakan burung langsung yang di gantang di dekat burung yang di master.

Ada 2 suara burung lovebird yang di sukai oleh ngekekmania, seperti lovebird ngekek panjang dan lovebird yang memiliki suara isian yang unik dan bervareasi.

Baca Juga : Cara Mencetak Lovebird konslet

Akan tetapi, untuk membuat burung tersebut memiliki suara yang di sebutkan di atas, membutuhkan cara yang tepat untuk lakukannya yang akan kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

Ada beberapa hal harus di persiapkan untuk memaster lovebird, antara lain :

  • Lovebird masih masih balibu/anakan
  • Menyiapkan burung masterannya
  • Menggunakan suara rekaman masteran dengan Mp3
  • Memaster dengan burung sejenis ( burung lovebird )

Untuk Pemasteran Lovebird ada beberapa yang bisa di pilih, seperti :

  • Menggantang lovebird yang akan di master di dekat burung masteran ( 2 -3 jenis burung masteran )
  • Memutar suara masteran dengan 2 -3 jenis suara masteran yang di putar secara berulang-ulang
  • Setiap hari, burung di gantang di dekat dengan burung masterannya kemanapun burung masteran tersebut di simpan

Lihat Juga : Masteran Lovebird Mp3

Untuk proses pemasteran bisa berlangsung dalam waktu yang cepat da juga bisa memakan waktu yang lama, tergantung kecerdasan burung itu sendiri.

Jika, 2 -3 jenis suara masteran yang sebelumnya digunakan sebagai masteran, dan burung sudah hafal, maka bisa menggunakan suara masteran lainnya, agar semakin bervareatif suara kicauannya tersebut.

Daftar Masteran Burung Lovebird

Untuk memilih masteran burung lovebird, selain bisa menggunakan burung itu sendiri, bisa menggunakan burung lainnya, dan setiap burung burung memiliki keunggulan dan kelebihan yang akan di dapat pada lovebird yang di master.

  • Belalang : belalang memiliki suara yang tajam dan rapat, dan ketika di gunakan sebagai masteran lovebird dapat mempengaruhi gaya berkicau lovebird
  • Burung Cililin : burung cililin memiliki karakter suara yang tajam dan nyaring, sehingga ketika berhasil di master pada lovebird, dapat membuat lovebird memiliki ngekek yang panjang dan lebih nyaring. Lihat : Suara Masteran Burung Cililin
  • Burung Cucak Jenggot : kicauan cucak jenggot bisa digunakan sebagai alternatif masteran, terutama di lakukan untuk lovebird latah. Lihat : Suara Masteran Burung Cucak Jenggot
  • Tengkek : kicauan burung tengkek memiliki suara yang rapat dan tajam, sehingg bagus untuk memaster lovebird . Lihat : Suara Masteran tengkek

Selain menggunakan burung yang di sampaikan di atas, rekan-rekan bisa menggunakan burung lainnya sebagai vareasi suara lovebird, seperti memaster lovebir dengan menggunakan burung prenjak betina, burung ciblek dan burung lainnya.