Cara Menurunkan Birahi Burung Kacer Yang Tinggi ( Over Birahi )

1 min read

menurunkan birahi burung kacer

Burung kacer menjadi over birahi menjadi sutu hal yang membuat pemilik burung resah, karena jika birahi burung terlalu tinggi, bisa berdampak buruk bagi kemampuan berkicaunya dan juga berdampak buruk pada kesehatan burung.

Menjadi jarang berkicau pada burung kacer yang mengalami over birahi yang tinggi dapat membuat kacer menjadi hal yang akan terjadi, dan jika di biarkan lebih lama dan tidak ada tindakan apa-apa, maka lambat laun kemampuan berkicaunya akan menurun dan beberapa gejala lainnya, seperti burung sering ngebalon, burung menjadi sering mencabuti bulunya sendiri dan lain sebagainya.

Birahi pada burung kacer sebenarnya memiliki manfaat untuk membuat kacer menjadi rajin berkicau, namun selama birahi kacer tersebut dalam keadaan stabil. Namun , jika burung kekurangan birahi, apalagi sampai over birahinya, maka akan berdampak buruk pada burung.

Ciri-ciri burung kacer over birahi

Over birahi pada kacer bisa di tandai dengan ciri-cirinya, akan tetapi ciri-cirinya tersebut tergantung seberapa tinggi, dan akan berdampak dengan beberapa kondisi yang berbeda pula, dan berikut adalah ciri-cirinya :

  • Burung sering kesamping sangkar untuk mematuk sangkarnya dan ngeruji
  • Lebih banyak bertingkah, namun jarang mengeluarkan suara kicauan
  • Sering mengembangkan bulunya, atau istilah lain, sering mbagong/ngbalon
  • Jika birahinya terlalu tinggi, burung akan menyakiti dirinya sendiri dengan mencabuti bulunya
  • Sering turun naik pada tangkringan

Cara Menurunkan Birahi Burung Kacer

Untuk merawat burung kacer over birahi,mau tidak mau harus merubah pola perawatan yang di sesuaikan dengan kebutuhannya tersebut, sehingga lambat laun burung akan turun kembali birahinya dan menjadi stabil.

  1. Berikan Buah Pepaya

Buah pepay sering digunakan oleh kalangan kacermania untuk membuat momongannya tersebut teredam birahinya, selain itu, buah papaya juga memiliki manfaat lain bagi kacer, seperti :

  • Mengatasi ngebalon/Mbagong karena over birahi
  • Mengatasi permasalahan kegemukan, sehingga burung malas bunyi
  • Mengatasi permasalahan gangguan pencernaan burung
  • Dapat memperbaiki warna burung yang kusam,pudar menjadi cerah dan mengkilap
  • Daya tahan tubuh menjadi meningkat

Untuk memberikan buah papaya cukup menyimpan di cepuk tapi di potong-potong kecil atau bisa menggantungnya di sangkar. Jika kacer anda belum terbiasa mengkonsumsi buah papaya, maka smpan saja setiap hari, nanti lama-lama burung akan penasaran untuk mengkonsumsinya.

  1. Kurangi Ekstrafooding

Ekstrafooding seperti kroto, jangkrik ulat dan pakan sejenisnya sebaiknya di kurangi terlebih dahulu, karena bisa jadi penyebab terbesar burung menjadi over birahi dari asupan pakan tersebut dalam jumlah banyak.

Akan tetapi dalam menguranginya, sebaiknya jangan terlalu drastic, mulailah menguragi 1 ekor terlebih dahulu dan di hari berikutnya kurangi lagi 2 ekor , sambil memperhatikan, pengurangan pakan Ekstrafooding dalam jumlah berapa burung menjadi stabil birahinya.

Misalkan anda memberikan 6 ekor jangkrik setiap hari, namun karena burung kacer anda dengan over birahi, maka kurangi menjadi 5 ekor, namun jika burung kacer masih saja over birahinya, maka kurangi lagi menjadi 4 ekor. Setelah pemberian 4 ekor jangkrik setiap hari ternyata birahinya menjadi stabil, maka berikan pakan jangkrik tersebut dengan jumlah yang sama, yaitu 4 ekor jangkrik.

  1. Simpan di kandang Umbaran

Karena burung yang over birahi cenderung agresif, agar emosinya dapat tersalurkan, maka simpan burung kacer di kandang umbaran agar burung bisa leluasa beterbangan dan aktif bergerak di kandang yang lebih luas. Terapi ini sangat bagus untuk menurunkan birahi kacer, sekaligus dapat melatih otot tubuhnya, terutama otot sayapnya.