Cara Menjodohkan Burung Kacer Agar Cepat kawin Untuk Pemula

2 min read

cara menjodohkan burung kacer

Dalam hal menjodohkan burung kicauan, biasanya hal selanjutnya adalah beternak, karena menjodohkan merupakan tahapan awal yang harus dilakukan untuk beternak burung kacer. Dan tahapan penjodohan merupakan tahapan yang cukup rawan, karena jika burung kacer tidak berjodoh, maka bisa melukai satu sama lain, entah itu betina melukai jantan atau kebalikannya, burung kacer jantan menyerang kacer betina karena terlalu agresif dan hal lainnya.

Salah satu cara agar burung kacer jantan dan betina bisa berjodoh adalah dengan memilih indukan yang sudah matang atau birahinya sudah cukup, sehingga burung siap untuk kawin dan di kawini. Dan sebaiknya, pilihlah burung kacer yang sudah berumur sekitar 1 tahun keatas. Karena pada usia tersebut, burung seharusnya sudah dewasa dan matang birahinya.

Akan tetapi, perihal umur saja tidaklah cukup untuk membuat burung kacer bisa berjodoh, karena banyak kasus para kacermania menjodohkan burung yang sudah dewasa tetap saja gagal.

Namun, anda tidak perlu khawatir, sebentar lagi admin akan berikan informasi tentang cara menjodohkan kacer yang aman dan bisa diterapkan pada momongan kesayangan anda dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Penyebab Burung Kacer Tidak Berjodoh

Untuk menghindari burung kacer jantan dan betina anda saling melukai karena tidak berjodoh, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang penyebab burung yang di jodohkan tersebut malah tidak mau dan malah saling serang danmelukai.

  • Umur yang masih belum matang, menjadi salah satu hal yang membuat burung menjadi tidak berjodoh, jika itu alasan burung kacer anda tidak berjodoh, maka tunggu burung tersebut hingga dewasa , sambil memberikan makanan yang dapat membuat birahi burung menjadi naik
  • Burung kacer jantan yang terlalu agresif menjadi salah satu permasalan dalam penjodohan burung kacer. Jika burung kacer jantan tidak berjodoh dengan betina kacer,maka coba untuk menurunkan birahi jantan dengan mengurasi pakan dari ekstrafooding dan melakukan perawatan lainnya, karena bisa jadi burung terlalu agresif karena memiliki birahi yang tinggi, namun jika bukan itu masalahnya, maka pilihlah kacer betina yang lebih dewasa dari jantan.

Cara Menjodohkan Burung Kacer

Untuk menjodohkan burung kacer, sebenarnya cukup sederhana untuk dilakukan, namun yang selalu di khawatirkan adalah burung  tidak mau berjodoh dan saling menyerang. Salah satu caranya adalah dengan tidak memasukannya secara langsung, perlu pendekatan terlebih dahulu, agar burung saling mengenal satu sama lain dalam kandang yang berbeda. Jika, terlihat satu sama lain sudah tertarik, maka bisa coba di satu kandangkan.

Namun, sebelumnya persiapkan 1 buah sangkar dan 1 kandang ternak, kacer jantan di simpan menggunakan sangkar, seangkan betina kacer di simpan di kandang ternak, lengkap dengan glodok, dan bahan lainnya untuk keperluan burung bersarang nantinya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kacer Jantan dan Betina Anakan dan Dewasa

  1. Simpan secara berjauhan

Hal pertama untuk membangun kedekatan antara jantan dan betina burung kacer, maka bisa menyimpan kedua burung tersebut secara berjauhan, agar satu sama lain terpancing untuk saling mendekati. Namun sebaiknya kedua burung tersebut tidak melihat satu sama lain, yang ada hanya terdengar suarannya saja.

Jika betina burung kacer sudah terpancing dan terlihat gelisah ketika mendengar suara jantan kacer, biasanya kedua burung tersebut akan saling bersautan.

  1. Simpan dengan jarak berdekatan

Ketika kedua kacer jantan dan betina sudah saling memiliki ketertarikan, maka selanjutnya dekatkan sangkar burung jantan ke kandang ternak burung betina hingga bisa saling melihat satu sama lain.

Ciri-ciri betina sudah tertarik dengan jantan kacer, biasanya burung betina akan membawa dan memunguti bahan untuk bersarang dan merapihkan sarangnya tersebut.

Setelah melihat tanda-tanda seperti yang telah disampaikan di atas, maka simpan jantan kacer ke kandang ternak betina pada malam hari. Kenapa harus malam hari ? , karena pada malam hari, burung kacer akan berisitirahat, sehingga burung tidak melakukan banyak aktifitas dan tidak terlalu agresif, karena butuh istirahat satu sama lain.

Pantau terus perkembangan burung kacer ketika di satu kandangkan, jika burung masih belum akur dan tidak mau berjodoh, maka angkat jantan burung kacer dan lakukan cara yang sama untuk proses penjodohan ulang, dan kalau masih belum mau berjodoh maka bisa ganti salah satu kacer tersebut dan mencari pasangan yang cocok.