Cara Menjinakan Burung Kacer Bakalan Yang Masih Giras dan Liar

1 min read

cara menjinakan burung kacer

Jinak pada burung peliharaan merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh burung, karena ketika burung belum jinak, maka burung tersebut akan sulit untuk dipelihara,apalagi burung tersebut mau gacor.

Begitu juga dengan burung kacer, dimana burung kacer memiliki karakter Fighter, dimana burung tersebut terutama masih bakalan akan sangat liar dan giras jika belum jinak, bahkan bisa melukai diri sendiri.

Ya, pada dasarnya burung yang belum jinak pada umumnya akan cenderung liar dan sering melompat-lopat di sangkar, apalagi jenis burung Fighter seperti burung kacer ini.

Membeli anakan burung kacer menjadi pilihan para kacermania, karena memiliki harga yang murah dibandingkan dengan burung kacer yang gacor. Namun, pesoalannya, membeli anakan burung kacer memiliki kekurangan tersendiri, seperti burung masih giras jika didekati oleh manusia dan belum doyan makan Voer, dan masih belum jinak tentunya.

Cara Menjinakan Burung Kacer Bakalan

Pada penjelasan di bawah ini tentunya harus dilakukan secara rutin, selain melakukan perawatan saja, akan tetapi dengan seringnya saja di pelihara pada tips di bawah ini, dapat membuat burung terbiasa kehadiran dengan manusia, sehingga lambat laun burung kacer yang masih giras tersebut menjadi nyaman jika didekati oleh pemiliknya.

  1. Gunakan Sangkar Kecil

Burung yang masih giras cenderung akan sering melompat-lompat di dalam sangkar dan cenderung akan melukai dirinya sendiri karena perilakunya sendiri. Dengan menggunakan sangkar yang kecil, burung kacer bakalan akan teredam emosi liarnya, dan pergerakannya menjadi terbatas.

Selain itu, sangkar burung yang kecil, dapat membuat burung kacer yang belum jinak tersebut lebih mudah untuk di bawa kemana-mana, seperti membawanya ke halaman rumah, ruang tamu, ke dapur dan di tempat lainnya yang akan di buat tempatnya di gantang.

Sebisa mungkin, sering-seringlah untuk memindahkan sangkar burung kacer, agar burung giras tersebut sering berhadapan dengan pemiliknya dan lambat laun menjadi terbiasa dan tidak melompat-lompat ketika didekati.

  1. Menjinakan dengan Memandikan kacer

Mandikan kacer hingga basah kuyup dengan menggunakan spray dan  menyimpannya di bawah. Ketika selesai dimandikan, burung kacer tersebut berika pakan berupa jangkrik. Karena biasanya ketika dimandikan burung akan menjadi lapar dan ingin makan.

Ketika terlihat burung sudah terlihat tanda-tanda lapar, berikan jangkrik secara langsung menggunakan tangan anda, agar burung terbiasa dengan anda dan memiliki ketergantungan pada pemilik burung.

Baca juga : Cara menurunkan birahi burung kacer

  1. Pemberian Pakan

Untuk pakan serangga, sebaiknya siapkan tempat pakan khusus untuk serangga, agar burung ingat, bahwa tempat pakan tersebut khusus pakan kesukaannya. Jadi, ketika anda memasukan tangan untuk menyimpan pakan serangga di tempat khusus tersebut, seperti jangkrik,kroto , maka burung sudah tau akan mendapatkan makanan kesukannya.

Lakukan cara rutin memperkenalkan tempat pakan serangga, dan sebisa mungkin ketika memasukan pakan serangga, burung mengetahuinya untuk mendapatkan perhatian burung. Dan nantinya berharap burung akan langsung menghampiri pemiliknya ketika tangannya mendekati tempat pakan serangga.

Selain itu, hindari memberikan pakan voer dalam jumlah banyak pada cepuk, untuk menghindari burung menjadi kenyang. Karena jika burung sering kenyang dari Voer, maka bisa membuat burung akan menjadi sulit jinak. Karena pemberian pakan langsung oleh pemiliknya dapat membuat burung menjadi terbiasa pada pemiliknya dan menjadi jinak, dibandingkan membiarkan burung makan sendiri.