Makanan Burung Kacer Agar Rajin Berkicau ( Mabung, Lomba, Setting Birahi )

1 min read

makanan burung kacer

Kacer merupakan jenis burung pemakan serangga, dimana pakan yang disukai oleh burung kacer antara lain, jangkrik, kroto, ulat hongkong dan berbagai macam serangga kecil lainnya.

Dalam memberikan pakan tentunya, kelengkapan gizi menjadi suatu hal yang penting untuk di perhatikan, sehingga burung memiliki kondisi terbaik. Jadi, dalam pemberian pakannya di berikan dengan jumlah yang cukup sesuai dengan kondisinya.

Sebagian dari kacermania, terutama bagi seorang pemula, biasanya tidak mengetahui tentang takaran jumlah pakan yang harus diberikan pada kacer peliharaanya, sehingga dalam pemberiannya cenderung asal-asalah atau tidak tepat dan mengakibatkan burung kacer tidak memiliki kondisi terbaikya dan tentunya dapat memperngaruhi kualitas berkicaunya.

Ada beberapa hal yang membuat burung tidak memiliki kondisi terbaik dari pemberian pakan yang tidak tepat, seperti :

  • Burung mengalami kegemukan
  • Burung kacer birahinya berlebihan, karena asupan ekstrafoofing atau serangga di berikan dalam jumlah terlalu banyak
  • Kacer kurang Gizi sehingga kurus

Selain dapat mempengaruhi burung menjadi memiliki kondisi yang tidak bagus, akan tetapi dalam hal memberikan pakan, perlu melihat kondisi burung kacer, seperti ketika sedang mabung, sedang over birahi dan berbagai kondisi lainnya.

Pakan Burung Kacer

Dalam hal memberikan pakan memang tidak semua kondisi cocok diberikan dengan jumlah tertentu, maka dari itu kami akan memberikan referensi yang tepat untuk di berikan pada kacer kesayangan anda.

Makanan yang biasa dikonsumsi kacer antara lain :

  • Kroto
  • Jangkrik
  • Ulat hongkong
  • Voer
  • Cacing tanah
  1. Pakan Harian Burung Kacer

Untuk pakan harian sehingga burung menjadi rajin gacor setiap hari, berikan pakan dalam jumlah sebanyak 3 sampai 5 ekor dan seminggu sekali berikan pakan kroto 1 sendok teh seminggu sekali untuk dongkrak stamina.

Dengan pemberian pakan dari jumlah tersebut guna untuk mempertahankan birahi burung, dan biasanya dengan jumlah segitu burung akan stabil birahinya. Karena birahi yang stabil dapat membuat burung menjadi rajin berkicau.

  1. Setting Pakan Untuk Lomba

Berikan pakan seperti biasanya setiap hari, namun H-1 menjelang lomba burung cukup diberikan 2 ekor jangkrik saja dari pagi hingga sore hari.

Ketika menjelang malam hari atau sore hari, berikan jangkrik dari sebelumnya lebih banyak sebanyak 10 ekor atau bahkan bisa lebih dari itu.

Lihat Juga : Tips Mempersiapkan Kacer Agar Tampil Maksimal Ketika Lomba

Namun, karena burung mendapatkan asupan pakan yang lebih banyak dari sebelumnya dan khawatir menjadi over birahi, maka ketika malam hari pantau terus kondisi burung, jika birahinya terlalu tinggi, mandikan kacer dan gunakan krodong sangkarnya agar bisa beristirahat pada malam hari secara full.

  1. Pakan Untuk Mabung

Untuk setting pakan kacer ketika mabung, maka jumlahnya di kurangi untuk membuat burung tidak menjadi birahi dan membuatnya berkicau.

Cukup berikan 2 samapi 3 ekor jangkrik dan voer setiap harinya, agar proses mabungnya tidak terganggu karena burung rajin berkicau karena birahi.

  1. Beternak atau Bertelur

Sedangkan untuk kebutuhan pakan beternak sehingga menghasilakn telur yang berkualitas, maka hal penting adalah dengan menjaga birahinya, sehingga burung menjadi siap kawin dan dikawini dan juga mendapatkan kualitas telur yang baik.

Berikan pakan seperti biasanya 3 sampai 5 jangkrik dan 1 sendok kroto sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Jadi kesimpulannya, dalam hal memberikan pakan perlu melihat kondisi burung terlebih dahulu, jangan asal memberikan dengan jumlah yang tidak teratur.