Lovebird Over Birahi ? Inilah Cara Mengatasinya Agar Normal Kembali

2 min read

lovebird overbirahi

Birahi lovebird akan berkembang seiring dengan usia lovebird, semakin matang dan dewasa maka burung akan matang oragan reproduksinya dan siap untuk kawin.

Namun, apa jadinya jika birahi lovebird tersebut terlalu berlebihan dari normal, karena di sebabkan oleh burung tidak kunjung di kawinkan ? ya, tentunya hal tersebut sering para lovebirdmania sebut over birahi atau birahi yang berlebih.

Lovebird yang sudah terlanjur over birahi, biasanya memiliki perilaku yang tidak berkualitas, terutama dalam hal kemampuan berkicaunya.

Untuk itu, berikut adalah ciri-ciri lovebird yang sedang mengalami over birahi :

  • Lovebird sering menggesek-gesekan dubur ke tangkringan untuk lovebird jantan ( gestang )
  • Lovebird betina sering membuka kedua sayapnya sambil nungging minta di naiki jantan
  • Jika sudah tidak terkontrol biraihinya, lovebird akan menabuti bulunya sendiri
  • Jika sedang merawat anakan, lovebird indukan yang over birahi biasanya tidak mau meloloh anakannya dan cenderung cuek
  • Lovebird menjadi macet bunyi atau tidak mau ngekek sama sekali
  • Lovebird mejadi agresif

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

Nah, dengan melihat ciri-ciri lovebird yang mengalami over birahi, tentunya bagi para peternak atau pemilik lomba lovebird akan menghindari hal tersebut, karena akan menurunkan kualitas burung lovebird.

Cara Mengatasi Lovebird Over birahi

Birahi lovebird memiliki banyak manfaat untuk lovebird itu sendiri, seperti untuk beternak dan juga untuk kualitas suaranya.

Namun, jika birahi tersebut tidak seimbang entah itu berlebihan atau kekurangan maka akan menjadi persoalan yang membuat kualitas burung itu sendiri.

Untuk itu, dalam perawatan lovebird harian perlu untuk di perhatikan urusan lovebird, seperti mengatur pola pakan, penjemuran, memandikan dan hal lain sebagainya.

Namun, bagi yang sudah terlanjur lovebirdnya over birahi, maka berikut adalah cara menurunkan birahi lovebird agar normal kembali.

  1. Mandikan Lebih Sering

Memandikan lovebird lebih sering dari sebelumnya, guna untuk membuat birahi lovebird menjadi teredam, sehingga perilaku negatif yang di hasilkan dari over birahi menurun.

Untuk memandikan lovebird yang terlalu tinggi birahi, bisa memandikan lebih sering dari sebelumnya, seperti 1 sampai 3 kali dalam sehari.

Sesekali, jika masih terlihat birahinya masih tinggi, maka bisa memandikan pada malam hari, namun sambil memperhatikan faktor cuaca, jika cuacanya kurang bagus, jangan mandikan terlebih dahulu, tunggu hingga cuacanya bagus kembali.

Lihat Juga : Jenis Lovebird dan Harganya

  1. Pengembuanan

Pengembunan tetap dilakukan pada saat lovebird over birahi, karena pengembuanan itu sendiri memiliki manfaat untuk pernafasan burung dan burung juga menyukai udara pagi yang segar dan bebas dari polusi.

  1. Jemur di kurangi

  Penjemuran memiliki manfaat kesehatan burung, namun waktu yang tepat untuk menjemur lovebird pada saat jam 07.00 – 10.00, karena jika terlalu siang akan merusak bulu burung.

Untuk menjemur lovebird yang sedang over birahi, penjemuran cukup 15 -30 menit saja, karena jika terlalu lama akan meningkat birahinya. Karena, penjemuran itu sendiri dapat meningkatkan birahi burung, jadi cukup di jemur lebih sedikit dari biasanya.

  1. Pengaturan Pakan

Untuk pakan lovebird over birahi sebaiknya cukup diberikan milet putih saja, untuk pakan kwaci, kangkung, jagung muda sebaiknya di stop terlebih dahulu, hingga birahinya stabil kembali.

Untuk menjaga kebugaran lovebird, berikan multivitamin yang dicampur pada air minumnya sebanyak 3 tetes kedalam 1 cepuk air minum.

  1. Latih dikandang umbaran

Menyimpan lovebird di kandang umbaran memiliki tujuan agar lovebird bisa mengeluarkan aktifitas dan sekaligus memanfaatkan enrgy tubuhnya lewat terbang dan aktifitas lainnya yang tidak bisa dilakukan di sangkar hariannya.

Mengumbar lovebird memiliki manfaat, seperti melatih emosi burung menjadi terkontrol, melatih fisik karena terbang, mengontrol birahinya lewat aktifitas di kandang umbaran.

  1. Beri untulan/pasangan

Untuk mengontrol birahi lovebird bisa memberikan pasangan, hingga lovebird ketika birahi dapat tersalurkan, sehingga terjadinya over birahi dapat di hindari.

Nah, demikianlah tips kali ini yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan ngekek mania dalam mengatasi lovebird kesayangannya over birahi.