Lovebird Konslet: Cara Mencetak, Merawat, Kelebihan dan Kekurangannya

3 min read

lovebird konslet

Salah satu hal yang di inginkan oleh pemilik lovebird, adalah dimana lovebird tersebut memiliki karakter konslet.

Karakter konslet memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis lovebird lainnya, seperti lovebird fighter.

Ngekek dengan durasi panjang menjadi salah satu hal yang paling di inginkan oleh pemilik lovebird, terutama ngekeknya bisa mencapai durasi selama 1 sampai 2 menit lamanya.

Selain itu, banyak hal yang menjadi kelebihan lovebird konslet lainnya yang membuat banyak para lovebirdmania ingin memiliki burung lovebird konslet.

Namun, untuk mencapai lovebird menjadi konslet, tidak mudah, perlu proses yang cukup panjang untuk dilakukan dalam perawatannya.

Namun, kabar baiknya, sebentar lagi akan kami berikan informasi lengkap tentang cara membuat lovebird konslet yang kalian ketahui dengan membaca penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Lovebird Konslet

 Yang menjadi banyak lovebirdmania menginginkan lovebirdnya jadi konslet, karena kelebihan itu sendiri, seperti :

  • Hemat energy, karena ketika ngekek santai sehingga irit nafas dan energy
  • Ngekeknya panjang-panjang, karena tidak boros energy karena santai ngekeknya
  • Tidak terpengaruh lovebird lain di sampingnya ketika ngekek, dan hanya fokus pada suara ngekeknya
  • Perawatannya cenderung gampang untuk dilakukan

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Kekurangan Lovebird Konslet

Selain kelebihan, lovebird konslet juga memiliki kekurangan, antara lain :

  • Penampilannya kurang garang, karena ngekeknya sambil santai
  • Untuk merawat lovebird konslet, membutuhkan untulan pasangan. Jadi harus memelihara lebih dari 1 lovebird
  • Suara lovebird konslet cenderung mendayu-dayu dan pelan, namun terkadang ada juga yang memiliki suara yang keras

Cara Mencetak Lovebird Konslet

Untuk mencetak lovebird ada proses awal yang penting untuk dilakukan, agar proses perawatannya memiliki peluang besar yang membuat lovebird mampu konslet.

  1. Memilih Lovebird Konslet

Hal termudah untuk memiliki prosfek lovebird menjadi konslet adalah dengan memilih anakan lovebird dari indukan yang konslet juga, karena sebagian besar memiliki kemungkinan karakter indukannya akan menurun pada anakannya tersebut.

Namun, tetap untuk membuatnya konslet tidak cukup pada sebatas memilih saja, karena jika tidak di rawat dengan baik dan konsisten, maka peluang itu akan hilang.

Untuk itu, perawatan memiliki pengaruh yang besar, meskipun lovebird yang belum jelas asal usulnya juga, dapat menjadi konslet, selama perawatannya tepat dilakukan.

Jadi, mau itu turunan konslet atau bukan, perawatan memiliki peranan penting untuk dilakukan dan di perhatikan.

  1. Makanan Lovebird Konslet

Makanan yang baik yang di berikan pada burung lovebird, bukan hanya sebatas kebutuhan burung itu sendiri, akan tetapi bakat dari burung itu sendiri akan menjadi lebih baik.

Selain itu, pengaturan pakan yang tepat dan baik, dapat membuatnya menjadi rajin berkicau, dan membuat burung memiliki peluang besar yang bagus untuk kicauannya.

Untuk itu untuk pemberian pakan, bisa di mix, seperti pakan dari buah-buahan, sayur dan juga biji-bijian.

Selain itu, pakan juga di sesuaikan , untuk mengontrol birahi burung, karena mengingat birahi lovebird yang seimbang dapat membuat burung rajin berkicau dan juga konslet.

Untuk mengatur pakan, bisa memberikan, seperti :

  • Jagung muda 2 – 3 butir setiap hari
  • Kangkung secukupnya dan seimbang di berikan, yang penting birahinya tetep tinggi tapi stabil
  • Pakan harian milet putih
  • Multivitamin setiap hari 2 -3 tetes yang di campurkan ke dalam air minum

Lihat Juga : Jenis Lovebird dan Gambarnya

  1. Seting Kandang Koloni

Salah satu cara untuk membuat lovebird konslet adalah dengan cara memasukan lovebird di kandang koloni, dan setelah itu lovebird jantan dan betina yang sudah berjodoh tersebut di simpan di satu kandangkan untuk mengontrol birahi burung.

  1. Melatih dengan Untulan/Pasangan

Salah satu cara merawat lovebird konslet adalah dengan memberikan pasangan/untulan untuk mengotrol birahinya agar stabil agar mudah untuk di kontrol.

Sebelum lomba, lovebird konslet di mandikan bersama pasangan dan di jemur selama 15 menit, lalu ketika mau naik gantangan, lovebird di pisahkan dengan untulannya tersebut.

Setelah lomba selesai, lovebird di satukan kembali dengan pasangannya.

  1. Membuat Lovebird Latah

Lovebird latah adalah respon dari lovebird ketika mendengar suara lovebird lain atau suara yang menyerupai suara lovebird. Sehingga ketika mendengar suara tersebut , lovebird akan membalas kicauananya tersebut.

Untuk membuat latah, rekan-rekan kicaumania bisa menaikan terlebih dahulu birahinya hingga stabil, agar burung selalu mambalas kicauan suara pancingannya tersebut.

Lihat Juga : Suara Lovebird Konslet dan Fighter

Untuk menaikan birahi lovebird, bisa memberikan kangkung dan jagung muda, namun perhatikan terus pemberian pakan tersebut, dan temukan jumlah pemberian pakan tersebut, jika sudah menemukan jumlah yang pas untuk lovebird anda, maka pertahankan jumlah tersebut untuk di berikan di hari-hari berikutnya.

Cara Merawat Lovebird Konslet

Kunci sukses dalam perawatan lovebird konslet adalah dengan ketekunan dan rutin untuk melakukannya, dan jangan pernah merubah-rubah pola perawatannya, karena tidak efektif dan membuat burung bingung.

  1. Perawatan Harian

Setiap pagi, sekitar jam 06.00 lovebird di mandikan, dan setelah itu di jemur.

Ketika setelah dimandikan, jangan langsung di jemur, akan tetapi biarkan lovebird di gantang di tempat yang teduh agar burung membersihkan terlebih dahulu bulunya.

Dan setelah itu, beberapa menit setelah burung di gantang di tempat teduh, lalu burung tersebut di jemur selama 1 sampai 2 jam.

Namun, sebaiknya jangan menjemur lovebird di atas jam 11.00 siang, karena terlalu panas cuacanya.

Untuk menjemur lovebird yang masih anakan sebaiknya cukup dilakukan selama 30 menit saja, karena birahi anakan lovebird sudah tinggi.

Penjemuran lovebird dewasa juga berkaitan dengan birahi lovebird, jadi perlu penyesuaian tersendiri, jika selama 1 jam cukup membuat birahi burung naik dan stabil, maka penjemuran pertahankan seperti itu setiap kali menjemur.

Sekitar jam 11.00 siang, burung di gantang di tempat yang sejuk hingga sore hari sekitar jam 17.30 , sebagai optional burung dimandikan kembali.

Video Lovebird Kusumo Konslet