Jenis Burung Lovebird dan Gambarnya, Lengkap dengan Harganya

4 min read

jenis burung lovebird

Peminat burung lovebird cukup banyak, dari kalangan kicaumania Indonesia, karena memiliki keindahan yang enak di pandang, mulai dari vareasi warna bulu dan bentuk tubuhnya yang terlihat menggemaskan.

Banyaknya minat dari burung lovebird memang beragam, ada yang minat dari sisi keindahan warnanya dan ada juga yang memelihara karena kemampuan berkicaunya.

Biasanya, dengan minat yang berbeda-beda, maka lovebird sering di bedakan berdasarkan jenisnya, seperti lovebird durasi ngekek panjang dan juga lovebird warna.

Untuk lovebird warna itu sendiri , lebih mengedepankan keindahan bulu warnanya, semakin unik dan terlihat mewah, maka harganya akan tinggi, seperti lovebird biola dan jenis lovebird warna lainnya.

Sedangkan untuk jenis burung lovebird durasi ngekek, lebih ke durasi ngekek itu sendiri, semakin lama durasi ngekeknya harganya akan tinggi, terutama jika lovebird tersebut sering menjuarai lomba, seperti lovebird kusumo yang sering menjuarai lomba hingga ratusan kali.

Jenis Burung Lovebird dan Harganya

gambar burung lovebird
gambar burung lovebird

Bagi anda yang berminat untuk memelihara atau membeli burung lovebird, tentunya harus mengetauhi tentang perbedaannya, karena setiap jenis lovebird yang ada memiliki harga yang berbeda pula.

  1. Lovebird Josan

lovebird josan
lovebird josan

Lovebird josan kependekan dari lovebird ijo standar, dimana warna dominan yang dimiliki jenis lovebird ini memiliki bulu yang bewarna hijau, dengan perpaduan warna lainnya di bagian leher, pundak, kepala dan muka.

  1. Lovebird Biola

Lovebird biola memiliki harga yang tergolong cukup mahal, untuk anakan yang baru tumbuh bulunya saja, anakan dari jenis lovebird ini cukup tinggi.

Yang menjadi nilai lebih dari lovebird biola adalah, dimana burung tersebut memiliki motiv batik di bagian sayapnya yang terkesan elegen dan perpaduan warna lainnya.

Ada beberapa jenis lovebird biola, diantaranya :

  • Biola Green
  • Biola Partblue
  • Lutino Biola
  • Blue Biola
gambar lovebird biola biru
gambar lovebird biola biru
gambar burung lovebird biola green
gambar burung lovebird biola green

 

 

biola parblue
biola parblue
biola lutino
biola lutino

Baca Juga : Burung Lovebird : Karakter, Makanan dan Cara Merawatnya

  1. Lovebird Personata

Lovebird personata atau lovebird perso memiliki ciri khas, dimana muka dan kepala jenis lovebird perso memiliki warna hitam pekat melingkar, semakin hitam maka menjadi nilai lebih tersendiri.

Untuk warna tubuh bagian lainnya, itu tergantung pada jenisnya, karena lovebird perso memiliki beberapa warna yang berbeda, seperti :

  • Violet Perso
  • Batman Perso
  • Green perso
gambar burung lovebird batman perso
gambar burung lovebird batman perso
green perso
green perso
violet perso
violet perso
  1. Lovebird Fischery

Lovebird Fischery memiliki beberapa jenis warna, seperti, violet Fischery, Green Fischery, Blue Fischery, batman Fischery.

Untuk ciri khas lovebird Fischery, diantannya, memiliki warna abu-abu kehitaman di bagian pundak dan kelapanya, dan untuk warna putih terdapat pada muka dan lehernya. Sedangkan untuk warna lainnya tergantung pada jenisnya seperti yang telah di sampaikan di atas dan bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

violet fischery
violet fischery
lovebird cobalt fischery
lovebird cobalt fischery
green fischery
green fischery
blue fischery
blue fischery
batman fischery
batman fischery
  1. Lovebird Pastel

Lovebird pastel merupakan jenis lovebird yang memiliki beberapa jenis, seperti pasjo ( pastel ijo ) , paskun ( pastel kuning ), pasblue ( pastel biru ), pasput ( pastel putih ), pasvio ( pastel Violet ) dan lain sebagainya.

Hal yang menjadi lovebird memiliki nama pastel, antara lain, warna yang terdapat pada lovebird pastel tidak secerah dan setegas pada warna lovebird lainnya, contohnya lovebird ijo, dimana warna lovebid pastel hijau, warnanya lebih pudar, begitu juga untuk jenis lovebird pastel lainnya.

gambar lovebird paskun
gambar lovebird paskun
pastel biru
pastel biru
lovebird pastel hijau
lovebird pastel hijau
lovebird pastel putih
lovebird pastel putih

Lihat Juga : Cara Ternak Burung Lovebird

  1. Lovebird Lutino

lovebird lutino
lovebird lutino

Lovebird lutino memiliki 2 jenis yang di bedakan berdasarkan dari warna matanya, seperti lutino mata hitam dan lutino mata merah.

Lovebird lutino mata merah memiliki harga yang lebih tinggi dari lutino mata hitam, namun untuk bulu secara kesuluruhan sama.

Untuk ciri-ciri lovebird lutino diantaranya:

  • Bagian leher,pundak, muka dan kepala memiliki warna orange kemerahan
  • Memiliki warna kuning cerah pada bagian dominan tubuhnya
  • Memiliki warna bulu orange kemerahan pada pangkal ekornya
  • Memiliki bulu putih bersih pada sayap dalam
  1. Lovebird Olive

lovebird olive
lovebird olive

Lovebird olive memiliki kemiripan dengan lovebird jsan, akan tetapi warna hijau yang terdapat pada lovebird olive lebih ke coklatan, sehingga terlihat seperti campuran warna hijau dan coklat. Lengkapnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

  1. Lovebird Cobalt

lovebird cobalt
lovebird cobalt

Warna bulu lovebird cobalt memiliki warna bulu biru seperti telor asin, dan untuk jenis lovebird cobalt memiliki beberapa jenis, seperti cobalt Fischery dan lovebird biasa.

  1. Lovebird Euwing Biola

biola euwing
biola euwing

Lovebird jenis euwing memiliki perbedaan yang mencolok dari jenis lovebird lainnya, karena pada bagian sayapnya tidak rapat antara kanan dan kiri. Untuk warnanya itu sendiri tergantung jenisnya, seperti euwing biola seperti yang bisa dilihat pada pejelasan di atas dan juga jenis lovebird euwing yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini untuk ciri-cirinya.

  1. Lovebird Sable Head

lovebird sable head
lovebird sable head

Lovebird Sable head memiliki ciri khas di bagian tubuh atasnya, seperti bagian muka, leher, kelapa dan pundaknya memiliki warna putih. Jadi, jika dilihat-lihat mirip seperti kepala elang untuk jenis lovebird sable head ini.

  1. Lovebird Violet

lovebird violet
lovebird violet

Pada penjelasan di atas, ada beberapa jenis lovebird violet, seperti violet Personata, violet Fischery dan sable head.

Secara umum, untuk perbedaannya bisa di lihat pada tubuh bagian atasnya, dan secara umum untuk bulu tubuh bagian bawahnya sama.

Untuk lovebird violet yang satu ini, bisa di bilang lovebird violet standar yang memiliki sebutan lovebird violet, tidak seperti jenis loveibid violet Fischery, violet perso atau violet sable head.

  1. Lovebird Batman

gambar lovebird batman
gambar lovebird batman

Lovebird batman memiliki ciri-ciri warna bulu dominan hitam, namun tidak semua bagian tubuhnya bewarna hitam, ada juga warna lainnya seperti warna putih yang terdapat pada lehernya.

Lihat Juga : Download Suara Lovebird

Lovebird batman memiliki beberapa jenis, seperti batman Fischery, batman sable head, batman perso dan lovebird standar yang satu ini.

  1. Lovebird Albino dan Putih

lovebird albino
lovebird albino

Lovebird albino memiliki warna bulu putih dan memiliki mata merah, sedangkan untuk lovebird putih memiliki warna putih yang sama seperti lovebird albino, akan tetapi lovebird putih memiliki mata hitam. Untuk Harga lovebird albino mata merah lebih mahal dari pada lovebird putih yang memilki mata hitam.

Harga Burung Lovebird

Burung lovebird memiliki harga yang berbeda-beda dari setiap jenisnya, tergantung warna dan kualitas suara.

Bagi anda yang memilih untuk membeli lovebird warna, maka anakan yang baru lahir beberapa minggu juga harganya akan tinggi.

gambar lovebird ngekek
gambar lovebird ngekek

Berbeda halnya dengan lovebird ngekek durasi, semakin lama ngekek dan juga bagus suaranya maka harganya tinggi yang bisa mencapai jutaan rupiah, meskipun ketika masih anakan, lovebird tersebut memiliki harga 80.000 rupiah.

Jadi, harga di bawah ini bukan satu-satunya faktor yang menentukan harga jual beli lovebird, karena masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi harganya menjadi beragam. Dan berikut adalah daftar harga burung lovebird yang bisa anda jadikan referensi jual beli lovebird.

Jenis LovebirdHarga Lovebird
Fischery BlueRp : 200.000 – 250.000
Fischery VioletRp : 250.000 – 300.000
Fischery BatmanRp : 250.000 – 300.000
Fischery GreenRp : 150.000
Lovebird BatmanRp : 250.000 – 300.000
Lutino Mata HitamRp : 200.000
Lutino Mata MerahRp : 250.000 – 300.000
Lovebird Albino Mata MerahRp : 250.000 – 300.000
Lovebird Alibno Mata HitamRp : 250.000
Biola BiruRp : 2.500.000
Biola Hijau JantanRp : 2.000.000
Biola HIjau BetinaRp : 1.000.000
Biola LutinoRp : 1.500.000 – 2.000.000
Biola EuwingRp : 2.000.000
Split BiolaRp : 800.000
Split BlueRp : 800.000
Lovebird JosanRp : 70.000 – 100.000
Lovebird PasjoRp : 70.000 – 100.000
Lovebird PaskunRp : 90.000 – 100.000
Lovebird PasbirRp : 150.000
Loevbird BlorokRp : 150.000 – 200.000
Lovebird Perso HIjauRp : 350.000 – 400.000
Lovebird Perso BiruRp : 400.000 – 500.000
Lovebird Perso VioletRp : 400.000 – 500.000
Batman PersoRp : 500.000
Lovebird HollandRp : 150.000 – 250.000
Lovebird Sable HeadRp : 1.500.000 – 2.000.000