fbpx

Burung Pleci : Cara Merawat, Pakan dan Harga ( Terlengkap )

4 min read

burung pleci

Dalam merawat burung pleci membutuhkan pengetahuan mumpuni untuk melakukannya, sehingga ketika di rawat dengan cara yang tepat, burung bisa rajin untuk berkicau.

Di bawah ini akan kita bahas seputar burung pleci, seperti pakan yang harus diberikan, perawatan dari berbagai macam kondisi, seperti pada saat macet bunyi, mabung, perawatan harian dan perawatan menjelang lomba hingga harga burung pleci yang sebentar lagi akan kalian ketahui dengan membaca penjelasannya di bawah ini

Secara umum, harga burung pleci tergantung dengan kemampuan burung itu sendiri, semakin bagus kualitas suaranya, maka harganya akan lebih mahal.

Nah, jika anda yang bingung untuk merawat pleci, maka bisa menyesuaikan dengan perawatannya, seperti perawatan harian, ketika burung macet bunyi, mempersiapkan saat lomba dan pada saat mabung.

Cara Merawat Burung Pleci

gambar burung pleci

Gambar burung pleci

Burung pleci membutuhkan perawatan yang khusus dengan kondisi burung, misalkan mempersiapkan ketika akan di ikut lombakan dan kondisi lainnya seperti mabung.

Karena, jika di rawat di kondisi yang tidak tepat, maka burung tidak akan mendapatkan kondisi terbaiknya yang sesuai dengan harapan pemilik burung.

  1. Perawatan harian

Dalam perawatan harian burung pleci, tentunya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkicau dan menjaga kondisi fisiknya burung di luar jadwal lomba atau kondisi lainnya.

  • Pemasteran

Burung pleci merupakan burung yang mampu menirukan suara burung lainnya, maka tidak heran, para pleci mania ingin sekali burung peliharaannya tersebut mampu memiliki suara isian dari burung lainnya.

Karakter suara yang sering disukai dan bisa di keluarkan oleh burung pleci biasanya suara ngerol dan ngalas, dan tentunya untuk mendapatkan suara tersebut, perlu melakukan pemasteran dengan menggunakan pleci yang sudah mampu mengeluarkan karakter suara tersebut atau juga bisa menggunakan suara burung lainnya, seperti : kenari, blackthroat, madu untuk suara masteran suara tipe ngerol.

Sedangkan jika ingin memiliki burung pleci bersuara ngalas, bisa memasternya dengan menggunakan burung kacer, cucak jenggot, tledekan dan burung lainnya yang memiliki karakter suara ngalas lainnya.

Untuk memaster burung pleci tentunya harus dilakukan secara rutin setiap harinya,agar ketika sering dimaster burung pleci tersebut mampu menirukan suara masterannya tersebut yang sering di dengarnnya.

Untuk vareasi suara masterannya, cukup menggunakan 3 jenis suara yang berbeda dari setiap 30 sampai 60 detik dari sesi pemasteran yang dilakukan.

  • Memancing bunyi

Burung pleci memiliki karakter yang suka hidup berkoloni, jadi ketika ingin membuat burung pleci rajin berkicau, maka dekatkan dengan burung pleci lainnya untuk merangsang burung pleci tersebut terpancing untuk berkicau.

Lihat Juga : Downlaod Suara Burung Pleci

  • Melatih dikandang umbaran

Semakin bagus kualitas nafas burung pleci, maka akan baik juga dalam kemampuan berkicau burung pleci, karena memiliki nafas yang panjang.

Agar nafas burung pleci panjang dan bagus, maka sering-seringlah latih burung pleci di simpan dikandang umbaran, sehingga burung sering terbang-terbang yang bisa melatih otot tubuh dan nafasnya sering terlatih.

  • Pengembunan

Pengembunan dilakukan ketika pada saat pagi hari dengan menyimpan sangkar burung di luar rumah, sebelum matahari muncul.

Pengembuanan memiliki banyak manfaat, seperti untuk memancingnya menjadi rajin untuk berkicau dengan suara yang lantang dan keras.

Selain itu, dengan sering menyimpan burung pleci pada pagi hari, dapat menjaga kesehatan tubuhnya, terutama kesehatan pernafasan tubuhnya.

  • Berikan pakan ulat

Pakan ulat merupakan pakan yang digemari oleh burung pleci, selain itu pakan ulat juga dapat membantu dalam membuat burung menjadi rajin berkicau, terutama burung sering mengeluarkan suara isiannya.

Namun, sebaiknya berikan pakan ulat yang memiliki warna putih yang baru berganti kulit, karena kulit bagian luarnya masih lembut untuk di konsumsi oleh burung pleci.

  1. Macet Bunyi

Salah satu hal yang kemungkinanan terjadi dalam merawat burung pleci adalah burung pleci mengalami macet bunyi.

Dimana, yang tadinya burung rajin berkicau mendadak menjadi macet bunyi atau burung menjadi malas untuk berkicau.

Ada beberapa penyebab burung pleci menjadi macet bunyi, di antaranya :

  • Burung sering sendiri setiap hari, tanpa ada burung lainnya
  • Burung mengalami stress/trauma akibat burung ketakutan terhadap hewan predator , sangkar jatuh dan lain sebagainya
  • Burung mengalami gangguan kesehatan karena terinfeksi bakteri, pemberian pakan yang kotor dan lain sebagainya terkait kesehatan burung
  • Burung sedang memasuki masa mabung
  • Asupan gizi dari pakan yang diberikan tidak berkualitas dan lengkap gizinya

Nah, jika burung pleci sudah terlanjur macet bunyi, maka untuk mengembalikan kondisinya ke kondisi terbaiknya, maka bisa melakukan pola perawatan yang tepat, seperti :

  • Berikan suplementasi jika di perlukan
  • Berikan 2 sampai 3 butir kroto ketika pagi hari
  • Berika ulat kandang dan ulat hongkong secukupnya
  • Berikan pakan dari buah-buahan lebih bervareasi
  • Mandikan pleci dengan air dingin atau bisa menggunakan air yang sudah di campur air es
  • Gantang burung pleci di tempat yang terkena sinar matahari langsung dengan sering
  • Rutin mengajak burung pleci jalan-jalan ke tempat yang berbeda-beda
  • Menggantang burung pleci di tempat yang ada burung pleci lainnya yang gacor
  1. Pleci mabung

Pada masa mabung, sebenarnya masa “istirahat” , dimana aktifitas aktif bergerak dan berkicau tidak dilakukan oleh burung pleci tersebut, dan fokus pada proses perontokan bulu lama dan pertumbuhan bulu barunya.

Untuk merawat burung pleci yang sedang mabung antara lain :

  • Penjemuran dan memandikan burung kacer ketika sedang mabung sebaiknya di hentikan terlebih dahulu hingga bulunya tumbuh lebat kembali tumbuh. Karena jika dimandikan dan di jemur ketika sedang mabung, maka proses perontokan bulu lebih lama dan pertumbuhan bulunya menjadi terganggu
  • Agar burung pleci yang sedang mebung tidak stress, maka sediakan tempat khusus yang tenang, sehingga burung bisa beristirahat dengan nyaman dan untuk menghindari burung menjadi stres
  • Agar burung memiliki stamina yang baik, maka berikan multivitamin setiap harinya, karena mengingat burung pleci akan ngedrop fisiknya ketika sedang mabung
  1. Persiapan Burung Pleci Lomba

burung pleci lomba

Nah, dalam kondisi ini merupakan hal yang di tunggu-tunggu oleh plecimania untuk mengetes kemampuan berkicaunya, dan berharap burung pleci kesayangannya tersebut menjadi juara lomba kicauan.

Jadi, untuk melakukan perawatannya perlu persiapan yang matang, agar burung pleci bisa tampil yang optimal ketika di arena lomba.

  • Menjaga birahi burung pleci

Menjaga birahi burung pleci yang stabil merupakan salah satu pemicu burung menjadi rajin untuk berkicau.

Dan tentunya untuk menjaga birahinya stabil dan berkicau secara optimal ketika saat lomba perlu pengaturan ulang dalam pemberian pakan yang mengandung protein.

Untuk persiapan lomba burung pleci 7 – 8 hari menjelang hari H , pemberian pakan yang tinggi protein di kurangi dan ketika menjelang lomba, asupan pakan yang mengandung protein di tambahkan, agar birahi burung naik tapi stabil, dan staminanya meningkat.

  • Biarkan pleci sendiri

Selama 7-10 hari menjelang lomba burung di biarkan dulu sendirian, dan jauhkan dari burung pleci lainnya. tidak melihat dan mendengarkan suara pleci lainnya, sambil tetap melakukan perawatan lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa plecimania menjelang 7 – 10 hari H yang mengecas pleci dengan sering mendekatkan burung pleci betina guna untuk menjaga birahi dan mental burung pleci jantan ketika di arena lomba mentalnya baik.

Jadi, untuk hal ini tergantung dari minat plecimania sendiri, apa ingin membiarkan pleci sendiri selama 7 – 10 mejelang hari H atau bisa mengecashnya dengan mendekatkan betina di sekitar sangkarnya menjelang lomba.

Yang penting ketika burung pleci yang akan dilombakan memiliki stamina, birahi dan mental yang baik ketika lomba berlangsung.

Makanan Burung Pleci

makanan burung pleci

Untuk makanan burung pleci sebenarnya cukup mudah, karena banyak jenis makanan yang disukai oleh burung tersebut, seperti sayuran, buah-buhan dan juga pakan dari serangga/ Ekstrafooding.

Untuk memilih pakan yang akan di berikan pada burung pleci antara lain :

  • ulat kandang
  • ulat hongkong
  • kroto
  • jangkrik
  • mentimun
  • wortel
  • gambas
  • tomat
  • wolfberry
  • pisang
  • pear
  • apel
  • kelengkeng
  • jeruk

untuk pemberian paknnya tinggal di sesuaikan dengan ketersediakan pakan yang ada, namun untuk pemberian pakan dari ulat sebaiknya di berikan setiap harinya untuk menjaga kondisi burung selalu fit dan rajin untuk berkicau.

Daftar Harga Burung Pleci

Burung pleci memiliki harga yang bervareatif, tergantung kualitas suara, umur, jenis dan jenis kelamin pleci tersebut.

Namun, semakin bagus kualitas suaranya, secara umum, harga pleci tersebut harganya akan naik pula.

Jenis Burung PleciHarga Burung Pleci
Burung Pleci dada putih masih anakanRp = 30.000
Burung Pleci dada kuning masih anakanRp = 40.000
Burung Pleci masih bahanRp = 100.000 – 200.000
Burung Pleci dakun banyak vareasi kicauanRp = 100.000 – 250.000
Burung Pleci MalangRp = 150.000 – 250.000
Burung Pleci dakun buka paruhRp = 160.000
Burung Pleci dakun buka paruhRp = 160.000
Burung Pleci sudah gacorRp = 200.000 – 300.000
Burung Pleci jantan bervareasi kicauannnyaRp = 350.000

Nah, demikianlah ulasan kali ini tentang cara merawat burung pleci dari berbagai macam kondisi dan harga burung pleci yang bisa kami lakukan untuk plecimania Indonesia.