Cara Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tampil Maksimal

2 min read

Cara Menjaga Kondisi Burung Kacer

Dalam memelihara burung kacer, setiap pemiliknya memiliki tujuan sendiri, ada yang di pelihara untuk di ikut lombakan dan ada juga yang memelihara sebagai hiasan rumah.

Dalam merawat burung kacer membutuhkan perawatan khusus setiap tujuan dalam memelihara, seperti pola perawatan untuk ikut lomba kicauan dan juga merawat untuk hiburan di rumah.

Selain memiliki tujuan yang berbeda, setiap pemilik burung kacer terkadang ada juga yang memilihara lebih dari 1 jantan kacer, dan tentunya hal ini juga membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya, karena burung kacer memiliki sifat Fighter, dimana jantan kacer akan merasa risih ketika di dekat sangkarnya ada burung kacer jantan lainnya.

Cara Menjaga Kondisi Burung Kacer

Dengan melihat penjelasan di atas tentang merawat burung kacer tentunya untuk merawatnya harus di bedakan, sehingga burung bisa tampil maksimal dan memiliki kicauan dengan kualitas yang baik setiap harinya, terutama burung lomba, bisa tampil maksimal ketika di lapangan.

  1. Memelihara Lebih satu Ekor Kacer

Jika rekan-rekan memelihara burung kacer lebih dari satu ya itu sah-sah saja, asalkan memperhatikan sifat dan karakter burung itu sendiri, seperti sifat teritorial dan fighternya.

Karena kacer membutuhkan lingkungan teritorial dan akan merasa risik ketika dekat dengan burung kacer jantan lainnya dengan sering berkicau untuk mengintimidasi lawannya, maka dalam penyimpanannya jangan terlalu dekat, karena jika terlalu dekat dalam penyimpanannya, maka salah satu kacer akan menjadi ngedrop karena kalah dan merasa teritimidasi yang membuat nantinya menjadi macet bunyi dan ngedrop mental.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong dengan Terapi

Namun, bagi anda yang ingin mendekatkan kacer jantan lainnya sebagai untulan yang memiliki kicauan yang biasa dan mentalnya di bawah kacer yang akan di ikut lombakan yang itu sah-sah saja, guna untuk meningkatkan mental burung kacer yang akan di ikutlombakan menjadi lebih percaya diri, namun jika kedua-duanya merupakan burung lomba, maka hindari untuk menyimpannya secara berdekatan, karena pasti salah satu akan ngedrop.

  1. Pakan

Pakan , terutama dari Ekstrafooding menjadi salah satu hal yang penting untuk di perhatikan, karena setiap setting pakan burung akan berbeda antara burung rumahan dan burung lomba.

Misalkan rekan-rekan memilihara burung kacer sebagai hiasan rumah, maka agar burung rajin berkicau, maka berikan pakan seperti jangkrik, kroto dan pakan Ekstrafooding lainnya diberikan setiap hari dengan jumlah yang sama agar burung rajin berkicau sepanjang hari.

Namun, jika rekan-rekan memelihara burung kacer untuk di lombakan, maka pakan Ekstrafooding nya di sesuaikan mulai dari H-10 sampai H-1 perlu dan H + 1 pasti berbeda, begitu juga dengan perawatannya di sesuaikan dengan kebutuhannya.

  1. Jaga Kesehatan

Penyakit kutu pada burung kacer merupakan hal yang berkemungkinan terjadi yang di sebabkan oleh beberapa hal, seperti meular dari burung lainnya, karena sangkar yang kotor dan juga penyebab lainnya yang membuat burung rentan terkena kutu.

Terserng penyakit kutu tentunya dapat menurunkan kesehatan burung, termasuk kemampuan berkicaunnya, sehingga burung tidak bisa tampil dengan maksimal, karena merasa tidak nyaman karena banyak kutu yang ada di tubuhnya.

Selain memandikan untuk menjaga kesehatannya, maka perhatikan juga kesersihan cepuk pakan, cepuk air minum hingga rajin membersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan yang membusuk yang menumpuk  dai bawah sangkarnya.

  1. Mandi Malam

Karena kebutuhan protein dari Ekstrafooding harus di berikan setiap hari pada burung kacer agar burung memiliki stamina dan power agar gacor setiap hari, maka di butuhkan pemberian pakan tersebut. Namun, terkadang untuk mencegah birahinya menjadi terlalu tinggi karena asupan tinggi protein, agar birahinya terus stabil, maka lakukan mandi malam, jika burung sudah terlihat tanda-tanda burung terlalu agresif, ngeruji dan perilaku lainnya.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji