Penyebab dan Cara mengatasi Burung Kacer Stres Hingga Pencegahannya

2 min read

burung kacer stres

Burung kacer menjadi stres tentunya menjadi suatu keresahan tersendiri dari pemiliknya, apalagi burung kacer tersebut merupakan jenis burung kacer yang sering di ikut lombakan.

Stres pada burung kicauan, terutama burung kacer, merupakan hal yang kemungkinan terjadi, jika dilakukan oleh perawatan yang kurang tepat, dan jika sudah terlanjur stress makan akan membuat burung kacer menjadi malas bunyi, Mbagong/Ngebalon dan hal yang lainnya yang menjadi kualitas burung itu sendiri menurun.

Burung kacer memiliki kelebihan tersendiri yaitu sifat teritorial dan mental petarung, akan tetapi dari kelebihan tersebut kerap kali menimbulkan masalah tersendiri karena karakter yang di milikinya tersebut , yaitu burung rawan ngedrop atau stress dan membuat burung menjadi macet bunyi, Mbagong/Ngebalon,ketakutan dan gelisah.

Penyebab Burung Kacer Stres

Hal yang kemungkinan besar terjadi pada burung kacer menjadi stres adalah dimana burung tersebut di simpan dekat dengan burung Fighter lainnya. Maka dari itu, jika rekan-rekan memiliki burung fighter lainnya, seperti murai batu, anis merah atau burung kacer lainnya, sebaiknya jauhkan tempat penyimpanannya, karena jenis burung Fighter, terutama burung kacer membutuhkan tempat yang terpisah dan jauh dari peliharaan burung lainnya.

Adapun, untuk penyebab lainnya bisa dilihat dari beberapa hal lainnya, seperti :

  • Burung kacer terlalu lama di jemur, tapi jarang dimandikan
  • Burung “dipaksa” di simpan dengan lingkungan yang ramai padahal baru beli dan burung belum menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama burung kacer bakalan
  • Pemilik burung terlalu sering memegang burung kacer bakalan yang belum jinak
  • Burung kacer sering di simpan berdekatan dengan jenis burung yang berkarakter fighter, seperti burung tledekan dan murai batu
  • Burung kacer terpapar oleh polusi udara, seperti asap kendaraan, asap pembakaran sampah, asap rokok dan pecemaran udara lainnya
  • Burung terlalu sering dimaster dengan suara gacor dan bervolume terlalu keras
  • Burung kacer pernah kaget oleh, suara keras, benturan
  • Burung kacer terganggu dengan kehadiran hewan predator, seperti kucing, anjing dan lainnya
  • Tenggeran burung kacer terlalu longgar, terlalu kecil, terlalu halus
  • Sangkar burung bau pernis atau cat
  • Burung kacer dalam keadaan kurang fit
  • Terkena penyakit, karena sangkar yang kotor
  • Sangkar burung pernah jatuh dan membuat kacer menjadi trauma
  • Terkena infeksi karena pakan dan air minum yang tidak bersih
  • Burung tidak nyaman karena terlalu sering kena kutu yang membuatnya menjadi selalu gatal
  • Burung kacer mabung, namun prosesnya tidak lancar

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Cara mengatasi burung kacer stres

Apapun jenis penyebab burung kacer rekan-rekan sekalian menjadi stress, maka untuk perawatannya di sesuaikan saja dengan merubah pola perawatan awal dengan perawatan untuk membuat burung kacer menjadi sehat kembali mental dan fisiknya.

  1. Simpan di tempat yang nyaman

Kenyamanan burung kacer ketika sedang mengalami stress merupakan langkah awal dan penting untuk dilakukan, untuk membuat mentalnya menjadi timbul kembali, dengan menyimpan burung di tempat yang nyaman dan jauhkan dengan burung fighter atau burung yang memiliki teritorial tinggi, seperti murai batu dan tledekan atau burung kacer lainnya.

  1. Perhatikan Ekstrafooding dan Air minum

Untuk membantu proses pemulihan burung kacer stress, maka untuk pakan ekstrafooding bisa di berikan dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya, terutama kroto dan jangkrik.

Dan untuk pakan dari Voer sebaiknya berikan yang memiliki gizi yang lengkap dan untuk air minum sebaiknya tambahkan garam sedikit untuk memenuhi kebutuhan iodium untuk proses pemilihan lebih baik.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

  1. Perawatan harian

Untuk penjemuran sebaiknya di kurangi saja dan lebih sering menyimpan burung kacer di tempat yang nyaman dan teduh, selain itu sambil menggantangnya di tempat yang sejuk, putar juga suara terapi untuk membantu burung menjadi lebih rireks, seeprti memutar suara air, suara alam dan juga rajin mengembunnya pada pagi hari.