Cara Membuat Burung Kacer Ngobra dan Buka Ekor Hingga Fighter

2 min read

burung kacer ngobra

Burung kacer merupakan jenis burung yang memiliki mental petarung, dimana mental tersebut di dukung dengan sifat teritorialnya dalam mempertahankan kawasan yang menjadi kekuasaannya dan menjauhkan burung lain atau mengusirnya.

Namun, meskipun burung kacer memiliki mental Fighter, akan tetapi tidak semua pemilik burung memiliki burung kacer peliharaanya tersebut bermental fighter, sehingga gaya berkicau sambil buka ekor dan ngobra tidak bisa dikeluarkan oleh burung itu sendiri.

Dari setiap pemilik burung kacer memiliki kacer yang berbeda-beda, ada yang memiliki kacer yang sudah berkicau namun masih belum ngobra atau lebih membeli anakan karena tergiur harganya relatif lebih murah dan lain sebaginya.

Dalam merawat anakan kacer memang lebih membutuhkan waktu yang lebih lama dan juga perawatan yang lebih banyak, seperti membutuhkan penjinakan terlebih dahulu, mengajarkan burung makan voer dan lain sebagainya, lambat laun burung anakan tersebut akan rajin bunyi.

Cara Membuat Burung Kacer Menjadi Ngobra dan buka ekor

Apapun jenis kacer yang rekan-rekan miliki, entah itu yang masih anakan atau yang sudah dewasa dan sudah sudah berkicau namun belum mengeluarkan gaya ngobra, maka berikut di bawah ini cara mengatasinya.

Ada beberapa hal yang membuat burung kacer menjadi tidak mengeluarkan gaya ngobranya, salah satunya di sebabkan mental burung dalam keadaan drop,stress,kurang fit, sehingga burung kerap kali menjadi Mbagong/Ngebalon dan mental fighter pada burung kacer tidak muncul.

  1. Berikan untulan

Untuk merangsang burung keluar mental Fighternya, maka membutuhkan terapi untulan/betina agar burung tersebut rajin berkicau dan Ngobra. Masukan untulan selama 1 samapi 2 kali dalam seminggu, hingga burung benar-benar keluar mental petarungnya. Namun , perhatikan juga ketika memsukan untulan, ketika burung jantan mengejar-mengejar dan memiliki potensi melukai untulannya, maka pisahkan segera.

  1. Terapi Sauna

Untuk melakukan terapi sauna ini, pastikan stamina burung dalam keadaan benar-benar fit, karena membutuhkan energy yang baik agar burung bisa bertahan karena bisa menguras energynya, namun cara ini juga cukup efektif untuk memunculkan sifat fighter burung kacer.

Dalam keadaan sangkar full krodong, sangkar tersebut di simpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, namun sebaiknya lakukan cara ini pada pagi hari, karena panas mataharinya tidak terlalu terik.

Baca Juga : Cara mengatur birahi burung kacer

  1. Pengembuanan

Pengembunan pada subuh hari, memiliki manfaat yang dapat membuat mental burung menjadi meningkat, selain itu dapat menambah staminanya. Lakukan ini secara rutin agar burung selalu mendapatkan kondisi terbaiknya, namun pastikan juga kondisi cuaca.

  1. Esktrafooding

 Esktrafooding memiliki banyak pengaruh pada kualitas burung kacer. Jika diberikan dalam jumlah terlalu banyak, akan membuatnya menjadi Overbirahi dan jika kekurangan Ekstafooding, burung akan cenderung menjadi kurang bergairah.

Nah, dengan melihat kedua kondisi tersebut, maka perhatikan terlebih dahulu , karena bisa jadi mental burung kacer menjadi tidak keluar Fighternya di sebabkan burung kelebihan ekstrafooding atau justru kekurangan ekstrafooding.

  1. Kurangi mandi

Frekuensi memandikan burung, setiap pemilik akan berbeda-beda, namun dalam hal perawatan ini untuk membuat burung menjadi buka ekor dan ngobra, maka Frekuensi mandi di kurangi saja dari jumlah mandi harian burung kacer.

  1. Istirahat yang cukup

Kecukupan bersitirahat perlu di perhatikan  pada masa perawatan ini, untuk menjaga kondisi tubuhnya dan stamina burung. Matikan lampu ketika malam hari atau bisa juga menggunakan full krodong pada sangkar burung.

  1. Siang hari dan sore hari Full krodong

Setelah aktifitas harian dilakukan pada pagi hari hingga siang hari, maka burung kacer tersebut di simpan di tempat sejuk sambil menggunakan full krodong. Dan pastikan kondisi lingkungan benar-benar nyaman bagi burung, supaya perlahan mental tempurnya bangkit kembali.

  1. Latihan Kandang Umbaran

Menyimpan burung di kandang umbaran memiliki banyak manfaat untuk melatih fisiknya karena banyak melakukan aktifitas, termasuk terbang dan juga membuat mental petarungnya muncul. Setelah dimandikan, burung kacer sebaiknya di simpan di kandang umbaran, untuk mengeringkan bulunya, dan dari kandang umbaran tersebut terdapat pasir, agar selain bisa di jadikan untuk berjemur, pasiri juga di manfaatkan oleh burung untuk mandi pasir dan mengusir parasit yang menempel pada tubuhnya.

  1. Vitamin atau Suplemen

Agar kebutuhan gizi burung kacer tercukupi, maka berikan juga suplemtasi makanan, seperti memberikan suplemen atau multivitamin.