Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji Agar Cepat Normal Kembali

1 min read

burung kacer ngeruji

Burung kacer memiliki banyak kelebihan seukuran jenis burung kicauan, seperti memiliki mental Fighter dengan kualitas kicauan yang nyaring dan bervareatif, terutama pada saat burung melakukan Ngobra, dimana gaya membuka sayap dan ekor ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya atau para kacermania.

Dalam setiap burung kicauan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan untuk jenis burung tertentu biasanya agar lebih mudah stress atau melakukan perilaku ngeruji. Namun , apapun jenis burung kicauan, memiliki potensi untuk membuat burung itu sendiri menjadi ngeruji yang di sebabkan oleh burung terlalu birahi ( over birahi ) atau cara merawatnya yang salah.

Namun, apapun penyebab burung kacer rekan-rekan sekalian menjadi sering ngeruji, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan cara merubah perawatannya, seperti yang di bahas di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji

Coba di ingat-ingat kembali tentang perawatan yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga burung menjadi memiliki perilaku ngeruji, misalkan memberikan pakan ekstrafooding terlalu banyak, sehingga birahi burung menjadi cepat naik dan menjadi over birahi, atau pernah melakukan perawatan yang salah.

  1. Kurangi Ekstrafooding

Banyak hal yang membuat burung terlalu banyak di berikan pakan dari ekstrafooding, salah satunya emosi burung yang terlalu ageresif dan terlalu birahi, sehingga burung sering ngeruji di snagkarnya. Untuk pemberian pakan, maka sebaiknya di kurangi saja dari jumlah yang biasa di berikan, terutama ekstrafooding dari ulat hongkong,jangkrik dan juga kroto.

  1. Tambahkan Pakan Buah-buahan

Buah-buahan sebaiknya di berikan pada kacer yang sering ngeruji untuk membantu proses pemuilihannya, selain itu, karena pakan ekstrafooding di kurangi, maka akan kemungkinan burung masih lapar. Adapun, buah-buahan yang bisa di berikan pada kacer, seperti papaya,pisang, dan juga memberikan cacing tanah dalam beberapa hari sekali.

Lihat Juga : Download Suara Burung Kacer Untuk Masteran dan Pancingan Betina

  1. Madikan lebih sering

Kacer yang kerap kali ngeruji ,biasanya hal yang menjadi pengaruh adalah emosinya yang tidak stabil dan terlalu birahi. Dengan memandikan kacer lebih sering, akan meredam emosi dan birahi burung itu sendiri, sehingga perilaku ngeruji tidak dilakukan oleh burung.

  1. Penjemuran di Kurangi

Penyebab lain yang membuat burung kacer menjadi sering ngeruji adalah, karena terlalu banyak penjemuran. Jadi, jika rekan-rekan sering menjemurnya, maka kurangi saja untuk membuat birahi burung menjadi turun kembali dan stabil.

Akan tetapi, jika ingin menjemurnya, sebaiknya dilakukan pada pagi-pagi sekali, ketika matahari baru muncul, karena panas mataharinya tidak terlalu terik. Dan juga, di usahakan, ketika menyimpan burung kacer, sebaiknya jauhkan dari burung lainnya.

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi kacer yang ngeruji di dalam sangkarnya, agar kembali normal dan birahi serta emosinya menjadi stabil kembali.