Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

1 min read

Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Burung kacer mencabuti bulunya sendiri merupakan hal yang mungkin saja terjadi pada burung tersebut yang disebabkan oleh beberapa factor.

Ketika burung menjadi memiliki perilaku tersebut tentunya bukan hanya dapat mempengaruhi penampilannya, dimana bulunya menjadi rusak akan tetapi ada factor lainnnya yang membuat kesehatannya menjadi terganggu, seperti burung terjadi infeksi, yang disebabkan oleh adanya luka pada kulinya, karena pelilaku tersebut.

Bukan hanya itu, selain dapat berpengaruh pada kesehatan fisik, akan tetapi dapat mempengaruhi pada kesehatan mental burung itu sendiri, seperti emosi yang tidak stabil dan juga kemampuan berkicaunnya menjadi menurun, seperti burung malas berkicau dan melakukan perilaku ngatif lainnya.

Penyebab Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Sebelum mengatasi burung kacer mencabuti bulunya sendiri, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang penyebab burung kacer mencabuti bulunya sendiri tersebut, karena setiap burung kacer memiliki penyebab yang berbeda-beda yang di sebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Burung terinfeksi tungau yang menyerang bulu dan kulitnya
  • Burung kacer mengalami over birahi
  • Kondisi emosi burung kacer sedang tinggi
  • Burung kacer memiliki mental yang sedang drop/stress

Cara Mengatasi Burung Kacer mencabuti Bulunya Sendiri

Sekarang anda bisa melihat pada penjelasan di atas, hal apa yang rekan-rekan lakukan yang membuat burung kacer peliharannya menjadi memiliki perilaku tersebut. Jika , sudah mengetahui penyebabnya, maka berikut cara mengatasinya.

  1. Pakan Ekstrafooding Kurangi

Karena over birahi menjadi salah satu penyebab burung kacer memiliki perilaku yang suka mencabuti bulunya sendiri,dan asupan pakan yang tinggi dari ekstrafooding memiliki peranan yang membuat birahi burung menjadi naik,dan jika birahinya tidak tersalurkan, maka burung kacer akan mencabuti bulunya sendiri, maka kurangi asupan pakan dari ekstrafooding seperti kroto, jangkrik, dan mengganti beberapa ekor pakan dari ekstrafooding dengan kepompong dan ulat bambu kalau ada.

Selai itu, berikan juga berika asupan makanan dari buah, seperi memberikan sari buah, seperti perasan air dari buah lemon, papaya, jeruk dan yang lainnya.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Burung Kacer

  1. Mandi siang dan malam

Mandikan burung kacer hingga basah kuyup, terutama bagian tubuh yang terdampak untuk menghindari iritasi pada kulitnya.

Sebisa mungkin mandikan burung dengan menggunkan air yang dingin, terutama dampak burung menjadi mencabuti bulunya sendiri di sebabkan oleh over birahi.

Mandi malam sebaiknya dilakukan untuk meredam perilakunya tersebut dan berhenti untuk mencabuti bulunya.

Lebih bagus lagi, sambil memandikan burung kacer tersebut menggunakan obat khusus untuk mengatasi permasalahan kutu dan tungau pada burung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

  1. Terapi Betina

Jika burung cukup sulit untuk berhenti mencabuti bulunya sendiri, maka coba masukan betina burung kacer, agar burung benghenti melakukannya, sambil memperhatikannya dan jangan sampai jantan kacer mengejar-ngejar betina dan menyakiti betinanya karena terlalu agresif.

  1. Berikan Voer yang sesuai

Jika di lihat dari beberapa kasus, penyebab kacer mencabuti bulunya sendiri di sebabkan oleh pakan voer yang tidak cocok. Dimana ketika burung kacer tidak suka dengan voer tertantu maka burung dapat berperilaku seperti itu. Amati terus ketika diberikan pakan voer, jika burung tersebut baik-baik saja dengan jenis voer terntentu, maka jangan merubahnya secara tiba-tiba.

  1. Karantina Burung Kacer

Karantina burung kacer yang sedang memiliki perilaku yang gemar mencabuti bulunya sendiri, memiliki manfaat untuk memberikan suasana baru dan untuk membantu burung menjadi lebih tenang, dan usakan burung di simpan di tempat yang benar-benar nyaman untuk burung dan jauhkan pula dengan burung kicauan lainnya agar terhindar penyakitnya tersebut menjadi menular.

  1. Sangkar baru

Ganti sangkar yang yang baru, termasuk tenggerannya yang benar-benar bersih, karena hal tersebut cukup bisa membantu mengatasi burung yang sering mencabuti bulunya sendiri.