Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali

2 min read

burung kacer macet bunyi

Burung kacer yang awalnya sudah gacor mendadak macet bunyi tentunya bagi pemilik burung menjadi kesal dan menjadi tidak semangat karenanya.

Macet bunyi atau membuat burung menjadi jarang berkicau merupakan biasa terjadi jika burung memasuki dalam kondisi tersentu, seperti burung sedang mabung, kurang fit dan lain sebagainya.

Namun , bagaimana jika burung menjadi mendadak diam tersebut tidak sedang mabung ? , maka tentunya harus ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat burung tersebut malas untuk berkicau yang mungkin saja adalah kesalahan dalam perawatannya.

Penyebab Burung Kacet Mogok Bunyi

Hal normal jika burung kacer anda menjadi macet bunyi jika penyebabnya adalah burung dalam keadaan mabung. Karena memang kondisi terbaiknya harus seperti itu, agar burung bisa menghemat tenaga untuk merontokan bulu dan menghemat energy untuk pertumbuhan barunya.

Tinggal tunggu saja burung sampe selesai, nanti juga mau berkicau kembali kalau proses mabungnya lancar.

Adapun , jika macet bunyi tersebut di sebabkan oleh hal lainnya yang seharusnya tidak terjadi, seperti :

  • Burung kacer sedang stress
  • Sangkar kacer jatuh hingga kacer terluka atau kaget karenanya
  • Kalah tanding dilapangan dan membuatnya menjadi drop mentalnya
  • Burung kacer trauma terhadap hewan predator, seperti ular, anjing, kucing dan hewan predator lainnya
  • Burung kekurangan birahi dan kelebihan birahi
  • Kondisi kurang fit dan burung dalam keadaan sakit

Cara Mengatasi Burung Kacer macet Bunyi

Dengan melihat penyebab kacer macet bunyi yang telah disampaikan di atas, maka tinggal sesuaikan saja perawatannya. Misalkan burung kekurangan birahi maka tambah pakan dari Ekstrafooding dan begitu juga jika kelebihan birahi, maka kurangi pakan Ekstrafooding, sambil melakukan perawatan yang sesuai untuk menurunkan birahi. Dan untuk untuk mengembalikan burung menjadi gacor kembali, maka berikut cara merawatnya pada penjelasan di bawah ini.

  1. Berikan Untulan

Agar burung kacer mau berkicau kembali, bisa menggunakan terapi untulan, dimana burung kacer jantan yang sedang macet bunyi tersebut di masukan kacer betina, agar burung terangsang untuk mau bunyi.

Setelah di simpan hingga beberapa waktu dan terlihat burung mau berkicau kembali atau tertarik sama betina kacer tersebut, maka pisahkan kembali dan simpan betina kacer dengan jarak yang cukup jauh, agar burung jantan kacer memanggil betinanya dengan berkicau.

Selain itu, anda juga bisa memasukan burung kecil pada kandang burung kacer, untuk membangun kembali mental fighter dan sifat teritorialnya.

Baca Juga : Ciri-ciri Burung Kacer Over Birahi dan Cara Mengatasinya

  1. Terapi Suara

Terapi suara bisa membangkitkan burung menjadi rajin berkicau kembali, karena dengan menggunakan suara terapi , seperti suara air mengalir,terapi suara alam dan suara terapi gelombang brainwave dapat mengembalikan mental burung kacer.

Untuk melakukannya adalah dengan cara memutar suara Mp3 yang di putar melalui handphone atau media lainnya,akan tetapi perhatikan juga factor lingkungan, seperti memutar suara terapi di kamar khusus atau di lokasi yang nyaman lainnya.

  1. Terapi Alam

Kesejukan dari lingkungan yang memiliki pohon yang rindang dan sedikit angin, dapat membuat burung menjadi tenang dan terdorong mau untuk berkicau kembali.

Jika di tempat anda terdapat tempat yang memiliki lahan yang luas,teduh dan sejuk, lengkap dengan pepohonan, maka simpan burung yang sedang macet bunyi tersebut setiap hari, hingga mental burung kembali pulih.

  1. Perubahan Perawatan

Mau tidak mau, anda sebagai pemilik burung kacer yang sedang mogok bunyi harus merubah perawatan, khusus untuk burung yang sedang macet bunyi, seperti :

  • Mandikan burung pada malam hari beberap kali
  • Mandikan burung dengan menggunakan obat khusus untuk menghilangkan bakteri dan tungau
  • Full krodong pada malam hari, agar kacer yang macet bunyi bisa istirahat full
  • Jauhkan burung kacer yang macet bunyi dengan burung jenis fighter lainnya, seperti burung murai batu
  • Berikan asupan Vitamin atau suplemen
  • Pemberian ekstrafooding di tingkatkan

Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda dalam mengatasi burung kacer yang sedang mogok bunyi agar gacor kembali.