fbpx

Cara Merawat Burung Kacer Mabung Agar Cepat Selesai

2 min read

burung kacer mabung

Dalam merawat burung membutuhkan penyesuaian dengan kondisi burung, karena merawat burung yang di persiapkan untuk lomba dan pada saat mabung berbeda.

Jadi, jangan sampai dalam merawat kacer yang sedang mabung melakukan perawatan yang tidak cocok dengan kondisi burung, yang ada selain prose mabungnya tidak berjalan tidak lancar,maka kesehatan mental dan fisik burung menjadi taruannya, dan membuat pertumbuhan bulu barunya tidak sempurna dan burung menjadi macet bunyi setelah mabung selesai.

Moulting atau biasa di sebut juga mabung, merupakan hal yang akan terjadi pada kacer, entah itu pada saat bergantinya bulu trotol ke dewasa atau masa mabung lainnya.

Karena mabung merupakan proses ilmiah, maka biarkan proses mabung itu berjalan dengan ilmiah, jika burung kacer rekan-rekan merupakan jenis burung lomba, maka biarkan burung menyelesaikan proses mabungnya, dan jangan mengikut lombakan, dan bahkan burung kacer yang mabung memang jangan berkicau terlebih dahulu.

Ciri-ciri Kacer Gagal Mabung

Beberapa kacermania merasa senang ketika burungkacer kesayangannya masih rajin gacor pada saat mabung. Namun , hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk burung, karena proses mabung yang baik adalah dimana pada proses mabung tersebut burung harus benar-benar banyak beristirahat dari aktifitas berkicau dan aktifitas lainnya.

Ketika burung memiliki istirahat yang cukup, seperti yang seharusnya, maka mabung akan berjelan dengan semestinya.

Namun, jika dalam perawatannya tidak dilakukan dengan tepat, maka ada beberapa kemungkinan terjadi, seperti :

  • Pertumbuhan bulunya tidak rapih, cenderung kusut, rapuh dan acak-acakan
  • Bulu lama susah rontok , sehingga bisa memakan waktu mabung lebih lama. Dimana rontoknya secara bertahap, tidak ambrol atau rontok dalam jumlah yang banyak
  • Mabung berkepanjangan dan sulit selesai
  • Burung menjadi macet setelah mabung

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Daripada beresiko terhadap pertumbuhan burung menjadi buruk karena pola perawatan yang tidak tepat, maka sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat proses mabungnya terhambat, toh proses mabung biasanya hanya akan memakan waktu selama 1 sampai 3 bulan.

Jika, perawatannya tepat, maka proses mabungnya lebih cepat pula.

  1. Perawatan Saat Mabung

  • Bersihkan kandang burung setiap hari, terutama pada saat bulunya rontok, dan pastikan kandangnya bersih dari bakteri atau kuman dengan menyenprotkan desiinfektan khusus untuk burung
  • Gunakan krodong selama proses mabung berlangsung, untuk menjaga suhu tubuhnya, sehingga ketika cuaca dingin dan panas tidak terlalu langsung terasa oleh burung
  • Berikan multivitamin untuk menjaga keseimbangan badan kacer dan untuk meningkatkan nafsu makan
  • Pakan dari voer setiap harinya di sediakan di sangkarnya, karena voer merupakan pakan yang paling banyak di berikan pada saat mabung, dibandingkan pakan dari Ekstrafooding seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong
  • Berikan pakan Ekstrafoofing seperti jangkrik secukupnya saja, 1 sampai 2 ekor setiap harinya . namun sambil memperhatikan, jika pemberian jangkrik tersebut membuat burung menjadi birahi, maka kurangi saja. Misalkan biasa memberikan 3 ekor, karena dengan jumlah tersebut birahinya naik yang ditandai burung rajin berkicau, maka kurangi jadi 1 atau 2 ekor saja setiap harinya
  • Hindari untuk memandikan karena dapat membuat bulunya alot dan sulit rontok
  • Jangan jemur dulu kacer saat mabung, karena bisa membuat pertumbuhan bulu tidak sempurna, seperti bulunya kusut, kering dan acak-acakan
  1. Perawatan Setelah Mabung Selesai

Ciri-ciri burung kacer selesai mabugnya, bisa dilihat dari pertumbuhan bulu barunya mulai tumbuh dan rapih, meskipun masih terdapat ketombe di sela-sela kulit dan bulunya.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Ketika sudah terlihat pertumbuhan bulunya banyak, rekan-rekan bisa mulai memandikan dan menjemurnya, akan tetapi jangan terlalu basah kuyup dan terlalu lama di jemurnya, karena mengingat aktifitas tersebut merupakan aktifitas pertama pasca mabung.

Setelah kering bulunya, maka berikan pakan jangkrik 6 ekor untuk birahinya kembali naik yang selama ini drop saat mabung. Dan gunakan krodong pada sangkarnya hingga keesokan harinya.