Cara Mengatasi Burung Kacer Kurang Ngotot Saat Lomba dilapangan

1 min read

Burung Kacer Kurang Ngotot Saat Lomba

Burung kacer terkenal dengan sifat Fighter, dimana ngotot sambil berkicau menjadi salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh pemilik burung, terutama pada saat ikut lomba. Namun, permasalahnnya, burung kacer dengan karakteristik yang Fighter, akan menguras energynya, sehingga sewaktu-waktu burung akan cepat habis energynya.

Menjaga stamina setiap hari menjadi suatu hal yang harus diperhatikan, agar burung menjadi rajin berkicau, dan tentunya ketika burung rajin berkicau dengan optimal setiap harinya dapat meningkatkan kualitas burung itu sendiri.

Cara Mengatasi Burung Kacer Kurang Ngotot Saat Lomba

Dalam setiap merawat burung kacer memang perlu menyesuaikan dengan kondisi burung, terutama burung tersebut akan di ikut lomba kicauan, agar burung tersebut memiliki stamina yang baik, sehingga bisa tampil dengan sempurna.

  1. Pakan Ekstrafooding

Setiap pemilik burung memberikan jumlah pakan ekstrafooding berbeda-beda, karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda.

Karena pakan ekstrafooding memiliki peranan untuk stamina dan menjaga birahi burung kacer, maka cek terlebih dahulu, apakah burung tersebut kurang ngotot saat berkicau tersebut karena kurang birahi atau kelebihan birahi.

Jika berlebih birahi, maka bisa kurangi pakan ekstrafooding tersebut, namun jika burung kacer tersebut kurang birahi, maka berikan jumlah pakan jangkrik lebih banyak dari sebelumnya dan menambahkan 1 sendok kroto setiap beberapa kali dalam seminggu dari porsi sebelumnya.

  1. Perbanyak jemur dan kurangi mandi

Menjemur burung kacer dapat meningkatkan birahinya, dan memandikan burung kacer dapat menurunkan birahinya. Agar burung kacer memiliki birahi yang tinggi tapi tetap stabil tentunya, maka kurangi durasi memandikan dan menambah durasi menjemur. Karena ketika birahi menjadi tinggi dan stabil, maka mental fighternya akan keluar.

  1. Pengembunan

Pengembunan tetap harus dilakukan beberapa hari menjelang lomba, karena dengan pengembunan, maka bisa menigkatkan stamina burung itu sendiri. Lakukan penjemuran sebanyak 2 hari sekali atau setiap hari.

Lihat Juga : Cara mengatur birahi burung kacer agar lomba tampil maksimal

  1. Latihan di Kandang Umbaran

Menyimpan burung kacer di kandang umbaran 1 sampai 2 kali dalam seminggu memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung kacer.

Dimana, manfaatnya sering dilakukan kacermania untuk mengatasi permasalahan burung yang sedang stress dan macet bunyi.

Selain itu terapi di kandang umbaran juga memiliki manfaat untuk melatih otot sayap dan dada burung, sekaligus melatih nafasnya. Sehingga ketika lomba , burung memiliki stamina yang prima dan menjadi lebih ngotot ketika lomba.

  1. Ramuan dan Multivitamin

Multivitamin sangat membantu burung untuk bisa tampil dengan baik, karena bisa jadi, makanan yang biasa di konsumsi oleh burung kacer, belum tercukupi, sehingga burung belum bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya. Maka dari itu penting sekali untuk memberikan multivitamin untuk memenuhi gizi yang belum tercukupi.

Jika ingin membuat ramuan untuk burungkacer, maka sobat kacermania bisa menggunakan air perasan mangkudu.

Cara membuatnya cukup mudah saja, seperti :

  • Siapkan 1 buah mengkudu matang
  • Rebus buah mengkudu dengan menggunakan air bersih hingga mendidih
  • Ketika sudah mendidih dan matang, lalu dinginkan
  • Setelah dingin, maka bisa langsung diberikan pada burung kacer
  1. Istirahat yang cukup

Karena burung kacer akan ikut lomba dalam waktu dekat, maka isitirahat yang cukup sangat di perhatikan untuk menghemat energy, agar esok hari burung memiliki stamina yang cukup.

Setelah dijemur pada pagi hari, burung di angin-angingkan sebentar, setelah itu sangkar burung di krodong hingga sore hari. Setelah sore hari, krodong di buka, sambil membersihkan sangkar dan mengganti pakan dan air. Setelah malam tiba, sangkar burung full krodong hingga pagi hari, agar kacer bisa istirahat dengan cukup.