Cara Mencegah dan Mengatasi Burung Kacer Kegemukan sebelum Mbagong dan Malas bunyi

2 min read

burung kacer gemuk

Kegemukan pada burung kacer , bisa saja terjadi, terutama pada saat setelah burung tersebut menyelesaikan proses mabungnya, lebih rentan terjadinya kegemukan.

Selain itu, kegemukan pada burung kacer itu sendiri, bisa mengakibatkan hal yang bisa menurunkan performa burung, seperti burung menjadi malas berkicau, malas gerak , Mbagong, mudah terserang penyakit dan lain sebagainya.

Padahal, seharunya ketika burung kacer menyelesaikan masa mabungnya, burung dalam keadaa top form, akan tetapi, jika burung malah mengalami kegemukan, yang ada malah kualitasnya menjadi menurun, karena adanya perawatan yang kurang tepat.

Cara Mencegah Burung kacer kegemukan

Untuk mencegah burung kacer rekan-rekan kicaumania menjadi kegemukan setelah mabung, maka hal yang perlu di perhatikan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya yang seimbang, maka dari itu, perlu untuk di perhatikan asupan pakan dari Ekstrafooding, dan jangan hanya memberikan pakan dari Voer, karena rentan terjadinya kegemukan.

Pakan voer tetap di berikan, namun perhatikan porsinya dan berikan juga pada tambahan dari Ekstrafooding untuk melengkapi kebutuhan gizinya, terutama untuk membantu pertumbuhan bulu barunya. Namun , jangan diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak juga, karena bisa membuat birahinya naik dan proses mabungnya terganggu.

Cara Mengatasi Burung Kacer Kegemukan

Ada beberapa tips yang harus di lakukan dalam perawatannya, agar burung tidak mengalami kegemukan yang bisa bisa membuat burung menjadi malas bunyi dan malas gerak, agar nantinya setelah melakukan perawatan yang tepat, burung selalu dalam kondisi yang baik, terutama pada saat dan setelah mabung.

  1. Melatih Fisik Burung Kacer

Untuk mengatasi burung kacer gemuk,salah satunya adalah dengan melakukan olehraga, agar nantinya ketika burung rajin bergerak, maka lemak yang menumpuk pada tubuhnya menjadi berkurang dan tubuhnya menjadi ideal kembali.

Agar burung menjadi rajin bergerak, maka burung bisa di simpan di kandang umbaran atau juga di sangkar yang lebih besar dari harian yang biasa di gunakan, misalkan mengganti sangkarnya dengan sangkar murai batu.

Jika, ingin menggunakan sangkar murai batu, maka sebisa mungkin posisi tangkringan bawah dan atas, posisinya di simpan lebih tinggi, dan untuk tempat pakan dan minumnya di simpan di tangkringan bawah, agar burung sering naik turun untuk makan, sehingga dapat melatih otot sayap, sehingga sayapnya menjadi mengapit rapat dan tubuhnya menjadi ramping kembali.

Namun , jika ingin menggunakan kandang umbaran untuk menurunkan berat badan burung kacer, maka setiap hari burung di simpan di kadang umbaran beberapa jam, agar burung bisa melakukan banyak aktifitas, sehingga bisa membakar lemak yang menumpuk pada tubuhnya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji

  1. Durasi mandi dan jemu di tambah

Memandikan dan menjemur burung kacer yang mengalami kegemukan bisa membantu dalam menurunkan berat badannya. Jika setiap harinya biasa dimandikan 1 kali atau 2 kali sehari, maka tambahkan menjadi 3 kali dalam sehari, dan untuk perminggunya, lakukan mandi malam 1 sampai 2 kali.

Selain itu, untuk durasi penjemuran juga di tambahkan , misalkan, biasa menjemur 1 jam pada pagi hari, maka durasinya di tambahkan menjadi 2 jam,dan sebaiknya ketika menjemurnya, gunakan kandang umbaran, agar burung banyak mengeluarkan energnya.

  1. Kurangi Voer

Voer menjadi salah satu yang bisa membuat burung kacer mengalami kegemukan, maka dari itu untuk membantu dalam mempercepat proses pemulihan, maka untuk porsi voernya tinggal dikurangi saja.

Pada saat burung dimandikan atau setelah di mandikan, sebaiknya jangan berikan voer, namun berikan voer sebanyak 1 sendok teh pada saat burung di jemur. Karena pada saat di jemur, biasanya akan banyak minum dibandingkan makan.

  1. Berikan Sayur dan buah-buahan

Burung kacer merupakan jenis burung pemakan serangga, akan tetapi burung ini juga bisa mengkonsumsi pakan dari buah dan sayur-sayuran.

Jika, burung kacer rekan-rekan terbiasa mengkonsumsi pakan dari buah dan sayur-sayuran atau belum terbiasa, maka latihlah berikan dari pakan tersebut, karena bagus untuk membantu pemulihan dalam menurunkan berat badannya.

Adapun, buah dan sayuran yang bisa di berikan pada burung kacer, seperti : kacang panjang, mentimun, bengkuang, brokoli dan pakan lainnya, dengan cara memarutnya atau bisa memberikannya dengan cara memotong kecil-kecil dan di berikan bersama voer.

Adapun, anda juga bisa menggunakan perasan air buah mengkudu yang telah di rebus sebelumnya untuk mengurangi baunya dan memberikannya dengan mencampurkannya ke dalam air minum atau bisa dengan cara melolohnya langsung.