Cara Membedakan Burung Kacer jantan dan Betina ( Dewasa dan Trotolan )

1 min read

Burung Kacer jantan dan Betina

Dalam memelihara burung kacer, memang untuk dijadikan burung lomba, memilih jantan merupakan hal yang harus dilakukan, karena irama  kicauan lebih vareatif dan kemampuan berkicau lainnya hanya di miliki oleh burung jantan. Sedangkan suara burung kacer betina memiliki kemampuan berkicau yang monoton.

Selain memilih burung kacer untuk lomba, dalam hal beternak burung juga membutuhkan pengetahuan untuk mengetahui ciri-ciri jantan dan betina pada burung kacer.

Mungkin untuk membedakan kacer jantan dan betina yang sudah dewasa tidak terlalu sulit, karena perbedaaannya sangat kontras pada bagian bulu dan juga kemampuan berkicaunnya.

Kali ini, burungkacer.com akan memberitahukan informasi tentang cara membedakan betina dan jantan burung kacer, entah itu dewasa dan juga yang masih trotolan.

Cara Membedakan Burung Kacer jantan dan Betina

Dalam hal memelihara burung kacer memang ada yang suka memilih yang sudah dewasa dan juga anakan. Misalkan memilih yang sudah dewasa karena sudah gacor, dan ada juga yang memilih yang masih trotolan karena memiliki harga murah dan dalam melatihnya lebih mudah di arahkan seperti yang di inginkan oleh pemiliknya, terutama dalam berkicau.

Namun , bagi seorang pemula biasanya akan sulit untuk mengetahui perbedaannya, entah itu cara mengetahui burung kacer jantan dan betina dewasa dan juga anakan.

  1. Burung kacer Dewasa jantan dan betina

Burung kacer yang sudah dewasa akan terlihat jelas di bagian bulu tubuhnya,dimana warna hitam pekat dan mengkilap hanya di miliki oleh burung kacer jantan, dan warna bulu betina kacer lebih ke abu-abuan, dan perbedaan lainnya, antara lain:

  • Jantan kacer memiliki bentuk kloaka yang kecil dan panjang, dan betina kacer memiliki dubur yang lebih lebar
  • Betina kacer Jarang berkicau dan meskipun berkicau suaranya monotong dan hanya suara panggilan saja, dan untuk jantan sering rajin berkicau dan juga lebih bervareatif
  1. Trotolan Burung kacer jantan dan betina

Dalam membedakan kacer jantan dan betina trotolan sedikit agak rumit, karena perbedaannya cukup sulit untuk di bedakan. Akan tetapi bentuk tubuh tertentu bisa dijadikan patokan burung kacer tersebut memiliki jenis kelamin seperti apa, seperti :

  • Bentuk kepala anakan kacer trotolan memiliki bentuk kepala yang ceper,lebih persegi atau sedikit lebih rata di bandingkan dengan burung kacer betina
  • Bentuk paruh dan warna paruh menjadi salah satu cara yang sering dilakukan oleh pecinta kacermania untuk menentukan trotolan kacer jantan dan betina. Dimana paruh bagian atas dan jantan memiliki warna hitam pekat, terutama warna paruh bagian bawah yang berbentuk “Λ” dan bentuk lebih pendek. Dan paruh betina kacer lebih panjang dan memiliki warna putih ke abu-abuan di bagian paruhnya
  • Warna punggung jantan dan betina trotolan kacer terlihat berbeda, dimana bulu punggung jantan trotolan lebih hitam pekat, sedangkan betina terlihat pudah dan keabu-abuan
  • Secara umum, burung kacer trotolan jantan mnemiliki bentuk tubuh yang ramping dan tegap ketika berdiri, sedangkan trotolan kacer betina memiliki bentuk tubuh yang bulat. Dan ada juga yang mengatakan, ketika burung kacer berumur 3 minggu, bentuk tubuhnya tidak telalu beda , alias memiliki bentuk tubuh yang gemuk.

Nah demikianlah penjelasan kali ini tentang cara mengetahui jenis kelamin jantan dan betina burung kacer, mulai dari masih anakan, trotolan hingga dewasa