Cara Mengatur Birahi Burung Kacer Lomba Agar Tampil Maksimal di Lapangan

2 min read

Cara Mengatur Birahi Burung Kacer

Merawat burung kacer yang di persiapkan untuk lomba memang harus di bedakan dengan jenis burung kacer rumahan, karena dalam merawatnya untuk mempersiapkan burung dalam kondisi terbaiknya ketika dilapangan.

Beberapa hal yang terjadi dari beberapa kicaumania, dimana ketika di rumah , burung kacer rajin gacor dengan keras, dan bahkan sambil ngobra, akan tetapi ketika di lapangan, justru burung tidak bisa menampilkan kemampuan terbaiknya.

Biasanya yang sering dialami ketika di lapangan burung menjadi jarang berkicau, banyak diam,ngeruji, sering turun naik tenggeran,burung sering mengembangkan bulunya atau Ngebalon dan hal lainnya.

Tentunya , dengan melihat burung kacer yang tidak bisa tampil yang maksimal, akan membuat pemilik burung kecewa dan kesal, karena momongannya tidak bisa berkicau seperti yang di harapkan.

Cara Mengatur Birahi Burung Kacer

Selain harus memiliki stamina yang baik, menjaga birahi yang stabil merupakan kunci agar burung bisa gacor dengan baik, entah itu di rumah ataupun di lapangan.

Ada beberap factor yang perlu di siapkan dan di terapkan ketika merawat kacer untuk lomba, seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Jangan Sering Ganti Merk voer

Jika burung kacer anda sudah terbiasa makan voer, maka jangan sering ganti merk voer lain atau mengganti keseluruhan secara langsung. Namun, jika ingin mengganti merk voer, maka ganti secara perlahan dengan mencampurnya beberapa merk voer baru atau menyimpannya di cepuk yang terpisah.

Biasanya para kacermania akan ganti merk voer tertentu karena tergiur oleh kacermania lainnya, yang kebetulan jenis kacer yang dipeliharanya jawara lomba. Namun, jika ingin menggantinya maka gunakan cara di atas untuk melakukannya.

Jika sering gonta-ganti merk voer, di khawatirkan dapat menurunkan penampilannya, dimana dapat mempengaruhi kotorannya menjadi berbau dan encer, dan ada beberapa pengalaman kicaumania di temukan dapat membuat burung kacer menjadi mabung lebih cepat dari yang seharusnya.

  1. Seting Ekstafooding

Biasanya pakan Ekstafooding dari serangga yang sering digunakan kacermania adalah pakan dari kroto dan juga jangkrik, dan biasanya juga, setiap pemilik kacer memberikan jumlah pakan tersebut berbeda-beda sesuai dengan karakter burung kacer itu sendiri. Misalkan , ada yang memberikan pakan jangkrik 5 ekor setiap hari, ada juga yang sering memberikan kacer 4 ekor jangkrik setiap harinya.

Jadi, untuk memberikan pakan dalam jumlah tertentu, maka coba saja berikan beberapa pakan jangkrik pada kacer anda. Jika 5 ekor jangkrik membuat birahinya stabil dan burung rajin gacor, maka pertahankan pemberian jangkrik dengan jumlah tertentu dan jangan merubahnya.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Burung Kacer

  1. Jangan Sering Memutar Audio Suara masteran

Biasanya para kacermania menggunakan suara masteran untuk memancing bunyi.Memaster burung kacer memang memiliki manfaat untuk burung itu sendiri, akan tetapi jika dilakukan terlalu sering, maka tidak baik juga untuk burung kacer.

Jika terlalu sering memutar suara masteran, bisa berdampak pada birahi burung, dan nantinya bisa membuat burung menjadi sering banyak diam dan naik turun tenggeran.

  1. Jemur Burung Kacer

Penjemuran burung kacer memiliki manfaat untuk  menjaga birahinya menjadi stabil, selain itu dengan menjemurnya juga bisa membuat suhu tubuhnya menjadi hangat, dan membuat kutu yang menempel pada bulunya terusir.

Penjemuran yang baik, sebaiknya jangan lakukan ketika panas matahari lagi terik-teriknya, paling tidak, menjemur kacer di lakukan sebelum jam 10 siang.

  1. Kandang Umbaran

Untuk meningkatkan kualitas nafas burung kacer menjadi lebih baik, maka seminggu sekali burung kacer di simpan di kandang umbaran agar burung tersebut rajin terbang untuk melatih otot bagian sayap dan dadanya.

Selain itu, ketika burung kacer rajin di simpan di kandang umbaran dapat memiliki stamina yang baik pula, dan juga memiliki manfaat untuk menurunkan birahi,ketika burung kacer mengalami over birahi.

  1. Mandi Malam

Masih seputar menjaga birahi burung kacer agar tetap stabil, maka mandi malam menjadi solusi untuk membuat birahinya terjaga stabil.

Namun, untuk melakukannya perhatikan kondisi burung dan lingkungan, jika burung terlihat tanda-tanda birahinya tidak stabil, maka mandikan dan juga melihat cuacanya, lagi dingin atau tidak, jika cuacanya kurang bagus, maka jangan dulu dimandikan burungnya.